Siapkan Biaya Ganti Freon AC Jika Anda Mengalami Beberapa Tanda Ini

Air conditioner atau lebih dikenal dengan AC merupakan salah satu alat elektronik yang biasa ditemukan di rumah. Terlebih di rumah-rumah yang berada di daerah panas. Dengan adanya pendingin ruangan ini, Anda bisa istirahat dengan nyaman di rumah. Namun, sama halnya seperti alat elektronik lainnya, AC juga bisa mengalami kerusakan terutama pada bagian freon. Anda perlu menyiapkan biaya ganti freon saat terjadi kerusakan.

Kerusakan Freon AC

Freon atau disebut juga sebagai refrigeran merupakan bahan pendingin berupa gas yang membuat ruangan di rumah terasa lebih dingin. Agar AC bisa bekerja dengan baik, Anda harus memastikan kalau freon tidak mengalami kerusakan. Jika freon bermasalah, maka AC rumah Anda tidak terasa dingin lagi.

Masalah yang terjadi pada freon AC tentunya bisa Anda lihat dari beberapa tanda yang diberikan, seperti diantaranya adalah,

1. AC kurang dingin

Satu hal yang menandakan adanya masalah pada AC dan bisa dengan mudah Anda sadari adalah suhu yang dikeluarkan AC tidak terasa dingin. Meskipun Anda sudah berusaha mengurangi suhu hingga batas paling rendah sekalipun, jika freon bermasalah maka AC rumah Anda tetap tidak akan terasa dingin sama sekali.

2. Terjadi pembekuan pada pipa

Saat AC kekurangan gas freon, Anda akan menemukan bunga es pada pipa kecil. Jadi jika Anda merasa AC sudah tidak terasa dingin, Anda bisa coba mengecek bagian pipa kecil apakah terjadi pembekuan di bagian pipa atau tidak. Pembekuan pada pipa tidak hanya disebabkan oleh kurangnya gas freon, tetapi juga bisa disebabkan oleh kipas unit di bagian dalam yang tidak mau berputar.

3. AC hidup dan mati sendiri

Apakah AC di rumah Anda pernah hidup ataupun mati sendiri? Jika demikian, sudah pasti ada masalah pada freon AC, dan Anda harus segera menggantinya. Biaya ganti freon AC ini cukup terjangkau sehingga Anda tidak perlu terlalu khawatir.

4. AC bocor

Tanda lain yang bisa terjadi saat freon AC bermasalah adalah AC yang bocor. AC yang bocor ini memang cukup sering terjadi. Kekurangan tekanan freon menjadi penyebab kebocoran dan air menetes dari AC bagian dalam.

Jika terjadi penggumpalan es pada bagian evaporator, maka saluran pembuangan akan tertutup. Air yang tidak bisa mengalir akibat tertutupnya saluran pembuangan ini akan mengalir secara perlahan ke AC bagian dalam.

Cuci AC Panggilan

Jangan biarkan AC di rumah Anda mengalami kerusakan. Jika terjadi masalah pada freon AC, segera ganti freon pada jasa cuci AC. Biaya ganti freon AC cukup terjangkau, hanya sekitar Rp.150.000 hingga Rp.400.000 saja tergantung berapa PK AC rumah Anda dan seberapa parah kerusakan yang terjadi.

ALAMAT

Rukan CBD, Jl. Green Lake City
Boulevard No.58, Kec. Cipondoh,
Banten 15148

HUBUNGI KAMI

© 2022 Bonanza AC

whatsapp me