Biaya Ganti Kondensor AC Rumah yang perlu Anda Ketahui

Sebagai orang yang tinggal di negara tropis, tentu Anda mengalami hari-hari yang cukup panas bukan? Maka dari itu, AC jadi salah satu yang harus ada di dalam rumah. Akan tetapi, jika digunakan dalam waktu yang lama, terkadang AC mengalami beberapa masalah, salah satunya pada kondensor AC. Anda perlu tahu biaya ganti kondensor AC rumah untuk persiapan jika terjadi masalah.

Kondensor AC dan Fungsinya

Air Conditioner memiliki beberapa komponen yang terdiri dari beberapa bagian dengan fungsinya masing-masing, yakni komponen utama, komponen kelistrikan, komponen pendingin, dan komponen pendukung. Salah satu komponen utama pada AC atau pendingin ruangan yang cukup penting adalah kondensor. Kondensor AC ini berfungsi sebagai penukar kalor, menurunkan suhu temperatur refrigeran, dan juga mengubah wujud refrigeran dari gas menjadi cair.

Sejumlah kalor yang ada pada refrigeran atau bahan pendingin dilepaskan ke udara dengan bantuan kipas motor yang ada pada AC. Desain kondensor dibuat dengan sirip dan berliku-liku agar proses pelepasan kalor bisa berjalan lebih cepat.

Sirip pada kondensor inilah yang harus sering dibersihkan secara rutin dan benar agar tidak terjadi gangguan pada saat perpindahan kalor. Sirip pada kondensor yang tidak dibersihkan dan dibiarkan kotor bisa menurunkan performa kinerja AC dan membuat AC jadi kurang dingin. Jika sudah begitu, Anda harus menggunakan jasa cuci AC panggilan sekaligus mengganti kondensor AC. Biaya ganti kondensor AC rumah cukup beragam, biasanya mulai dari Rp.300.000.

Mencegah AC Bocor

Sebagai alat elektronik yang digunakan terus menerus, tentu AC akan mengalami penurunan performa. Apalagi jika tidak dirawat dengan baik, maka kerusakan bisa terjadi jauh lebih cepat. Kerusakan pada AC ini bisa terjadi kapan saja, maka dari itu Anda harus bisa mencegahnya sedini mungkin.

Pendingin ruangan atau AC yang ada di rumah Anda bisa mengalami beberapa masalah yang cukup serius pada komponen-komponennya, seperti rusaknya kompresor AC, tersumbatnya saluran pembuangan, tersumbatnya saluran kondensasi, terjadi kebocoran pada kondensor AC, dan membekunya koil evaporator.

Dari masalah-masalah tersebut, kebocoran kondensor AC cukup sering terjadi. Apalagi unit kondensor AC yang diletakan di luar rumah membuatnya sering terkena kotoran dan debu. Bahkan jika kondensor AC dalam kondisi lembap, Anda bisa menemukan lumut tumbuh di sekitarnya. Hal tersebut menjadi pemicu kondensor AC mengalami kebocoran.

Dalam rangka mencegah terjadinya kerusakan pada AC rumah. Anda bisa melakukan pencegahan dengan membersihkan filter AC, secara berkala memeriksa kondisi pipa, membersihkan komponen AC seperti kondensor dan kompresor, dan lainnya.

Jika AC rumah Anda terlanjur mengalami kerusakan, Anda bisa melakukan penggantian komponen yang rusak. Biaya ganti kondensor AC rumah bisa Anda jangkau dengan mudah.

ALAMAT

Rukan CBD, Jl. Green Lake City
Boulevard No.58, Kec. Cipondoh,
Banten 15148

HUBUNGI KAMI

© 2022 Bonanza AC

whatsapp me