Servis AC Ganti Freon Harus Berapa Kali? Ketahui Dulu Faktanya

Perangkat elektronik seperti AC rasanya hampir menjadi perangkat elektronik yang wajib dimiliki bagi anda yang tinggal di daerah yang berhawa panas. AC yang hampir setiap hari digunakan tersebut pun juga harus melakukan servis. Pernahkah anda mendengar servis AC ganti Freon juga? 

Freon merupakan senyawa kimia yang berfungsi sebagai bahan pendingin. Freon ini bisa ditemukan di perangkat elektronik seperti AC maupun kulkas. Singkatnya, anda bisa mengetahui apabila Freon ini habis, maka AC anda tidak akan berfungsi dengan benar. 

Tanda – tanda Freon AC sudah habis

  • AC tidak dingin walaupun sudah diatur untuk penurunan suhu, bahkan apabila sudah diatur di suhu paling rendah sekalipun
  • Saat dipegang, pipa AC tidak terasa dingin. Hal ini menjadi salah satu tanda bahwa Freon AC anda sudah habis
  • Air AC bocor, hal ini terjadi apabila Freon AC sudah habis sehingga terjadi penggumpalan air pada evaporator AC
  • Mesin AC di bagian luar yang tidak panas, umumnya jika AC digunakan maka mesin bagian luar akan terasa panas. Apabila mesin tersebut tidak panas maka Freon AC sudah habis.

Fakta Servis AC Ganti Freon

Freon pada AC umumnya akan bertahan setidaknya selama kurang lebih 3 tahun lamanya. Dan hal itu akan bisa lebih lama apabila anda sering membersihkannya, atau melakukan servis AC. Saat ini, anda sudah bisa memanggil cuci AC panggilan untuk layanan seperti pembersihan dan pencucian, serta jasa servis AC yang dapat datang ke rumah.

Jika anda rutin melakukan pembersihan serta pengecekan AC anda mungkin setiap beberapa bulan sekali, justru akan memperlama usia Freon AC anda. Jadi, anda tidak perlu setiap kali servis harus mengganti Freon AC anda. 

Pastikan pada saat servis pun, anda menggunakan jasa servis yang profesional dan memang ahli dibidangnya agar pengecekan serta servis dilakukan dengan baik dan juga benar.

Kapan Seharusnya Mengganti Freon AC?

Penggantian Freon AC dilakukan selain hawa tidak dingin adalah apabila terjadi masalah kebocoran pada saluran atau pipa AC baik di dalam maupun pipa AC di luar. Kebocoran pada saluran atau pipa AC ini apabila tidak ditangani, anda tidak hanya servis AC ganti Freon, bahkan bisa saja membuat anda mau tidak mau untuk mengganti AC baru.

Oleh karena itu, pastikan anda menggunakan pipa AC atau saluran AC yang berkualitas tinggi serta terjamin keamanan produknya untuk menghindari bahaya kebocoran tersebut. Selain itu, apabila anda telah mendapatkan pipa AC yang berkualitas, pastikan untuk menggunakan tenaga ahli dalam pemasangannya agar memastikan pipa AC tidak tertekuk dan patah tanpa disadari sebelumnya.

ALAMAT

Rukan CBD, Jl. Green Lake City
Boulevard No.58, Kec. Cipondoh,
Banten 15148

HUBUNGI KAMI

© 2022 Bonanza AC

whatsapp me