Kenali Penyebab AC Daikin Rusak dan Cara Atasinya

Ada beberapa yang menjadi penyebab dari AC Daikin rusak, seperti faktor usia ac dan lingkungan ruangan. Selain itu, terdapat beberapa penyebab lain serta cara mengatasinya yang dapat anda lakukan dengan mudah, berikut ulasannya,

Penyebab AC rusak

Untuk penyebabnya yaitu, 

1. Jarang Membersihkan AC

Tentunya semua Produk elektronik yang akan setiap hari membutuhkan perawatan lebih. Termasuk dengan AC, yang akan bekerja dengan menyaring semua udara kotor menjadi yang bersih.

Sistem kerja satu inilah yang menyebabkan banyak debu menempel di dalamnya. Jadi Jika anda tidak membersihkannya akhirnya dapat membuat AC tersebut bekerja maksimal. Hal satu ini pun akhirnya akan berakibat munculnya banyak kotoran, jamur serta bakteri yang akan tumbuh subur pada AC. Jadi janganlah malas untuk membersihkannya.

2. Tegangan Listrik yang kurang Stabil 

Selain rajin membersihkan, jangan lupa mengecek tegangan listrik dari ac anda. Karena AC diketahui mempunyai tegangan lebih besar daripada peralatan elektronik yang lain.

Tegangan listrik yang kurang stabil pun bisa mempengaruhi kinerja dari AC. Tidak AC saja, tegangan listrik yang kurang stabil diketahui bisa mempengaruhi barang elektronik yang lainnya juga.

3. Freon yang Bocor

Freon sendiri adalah bagian dari AC yang memiliki fungsi menjadi zat pendingin udara. Jadi anda perlu memastikan jika kondisinya tetap terjaga dengan baik. Salah satu tanda freon anda bocor adalah dengan munculnya bunga es dari pipa sambungan. 

Cara Mengatasi AC Rusak

Sedangkan untuk cara mengatasi AC Daikin rusak yaitu:

1. Mengatasi Tegangan Listrik yang kurang Stabil

Ketika listrik tersebut akan menyala setelah mati, hindari langsung menyalakan AC tersebut. Hal tersebut pun juga akan membuat kompresor AC tersebut pun cepat rusak.

Usahakan anda menunggunya beberapa menit dahulu, sehingga nantinya kompresor pun bisa beristirahat sejenak sebelum mulai bekerja lagi. Dan jangan lupa untuk memastikan jika daya listrik AC sudah sesuai dengan kebutuhan anda.

2. Atasi Freon AC Bocor

Perawatan AC rutin tentu dibutuhkan agar bisa selalu memastikan freon AC anda bekerja dengan baik. Jika usia AC anda memang terbilang cukup baik tetapi freonnya sering habis, anda perlu untuk memeriksanya. Freon yang cepat bisa saja dikarenakan pipa freon mengalami bocor.

Jika ternyata terdapat gelembung dari pipa ketika sedang cuci AC panggilan, hal ini berarti pipa freon anda bocor. Cara lainnya adalah anda bisa melihat apakah terdapat oli yang akan merembes dari pipa ataupun unit AC.

3. Kondisi Ruangan

Seperti yang sudah diketahui di awal, kondisi serta lingkungan ruangan juga akan mempengaruhi kinerja AC Daikin rusak. Hindari untuk menyimpan AC pada area yang memang dapat membuat AC cepat kotor.

Kemudian, agar bisa selalu mendapatkan hasil yang lebih optimal, anda bisa mencoba untuk sering menurunkan suhu AC. Anda juga dapat mengganti AC yang punya kapasitas pendingin lebih besar.

ALAMAT

Rukan CBD, Jl. Green Lake City
Boulevard No.58, Kec. Cipondoh,
Banten 15148

HUBUNGI KAMI

© 2022 Bonanza AC

whatsapp me