AC Rusak Tidak Mau Menyala? Ketahui Penyebabnya

Memiliki AC rusak tidak mau menyala memang sangat merepotkan, terlebih lagi pada saat – saat dibutuhkan. AC menjadi barang elektronik yang rasanya wajib dimiliki bagi anda yang tinggal didaerah perkotaan padat penduduk.

Saat ini, banyak sekali teknisi yang dapat dipanggil untuk datang ke rumah, mulai dari cuci AC panggilan sampai teknisi servis AC panggilan. Semuanya sangat mudah dilakukan dari rumah. Namun, sebelum anda memanggil teknisi datang ke rumah, ada baiknya anda mengetahui tanda – tanda AC yang perlu di servis dan tidak menunggu AC rusak tidak mau menyala.

Tanda AC Butuh Servis

1. Suara AC Berisik

Jika tiba – tiba suara AC di rumah mulai berisik, artinya ada kejanggalan. Umumnya, AC mengeluarkan udara sejuk tanpa menimbulkan suara yang berisik. Timbulnya suara berisik ini kemungkinan adanya kerusakan pada kompresor atau mungkin terlalu keras dan lama bekerja. Oleh sebab itu, ada baiknya anda bisa mengistirahatkan sejenak AC anda.

2. Tagihan Listrik Membengkak

Apabila tagihan listrik di rumah anda tiba – tiba membengkak padahal pemakaian listrik sangat normal dan tidak ada perangkat elektronik baru lainnya, maka perlu diwaspadai bahwa adanya kebocoran pada saluran di AC anda.

3. Udara Yang Dikeluarkan Justru Hangat

AC berfungsi untuk mengeluarkan udara yang sejuk, dan perlu diwaspadai apabila hawa yang dihasilkan justru malah hangat. Anda perlu mengganti beberapa komponen atau bahkan bisa mengganti AC anda apabila terlambat untuk ditangani.

4. Penyebab AC Rusak Tidak Menyala

  • Filter udara AC sudah rusak atau tersumbat karena tumpukan debu dan kotoran
  • Sensor AC mati, apabila sensor ini mati maka tidak bisa merespons sinyal dari remote kontrol AC. Biasanya rusak karena terkena air
  • Adanya masalah arus kelistrikan di rumah, apabila di rumah sering mengalami tanda – tanda masalah pada perangkat elektronik saat digunakan, anda perlu memahami dan memerlukan bantuan untuk mengatasi masalah kelistrikan di rumah anda
  • Bagian IC terputus, di bagian IC ini apabila terputus maka anda perlu bantuan teknisi untuk memperbaikinya
  • Bagian motor mesin pada AC rusak. Umumnya, AC tidak akan bekerja apabila bagian motornya tersebut rusak. Tentu anda membutuhkan teknisi profesional agar bisa berfungsi kembali
  • Remot kontrol rusak. Terkadang hal sepele seperti remot kontrol yang habis daya baterai atau justru remot kontrol rusak menyebabkan kesalahpahaman bahwa AC sudah rusak. Oleh karena itu, cobalah mengganti baterai remot dan mendekatkan ke AC dan lakukan pengecekan apakah akan berfungsi atau tidak.

Demikian informasi tanda – tanda AC sudah membutuhkan servis serta penyebab AC rusak tidak mau menyala di rumah. Semoga informasinya membantu.

ALAMAT

Rukan CBD, Jl. Green Lake City
Boulevard No.58, Kec. Cipondoh,
Banten 15148

HUBUNGI KAMI

© 2022 Bonanza AC

whatsapp me