Berikut Ini Jenis Kerusakan AC Dan Biaya Ganti Selang AC

AC atau pendingin ruangan adalah salah satu barang elektronik yang membutuhkan perawatan intensif. Sebab, AC juga akan mengalami kerusakan dan masalah. Namun, jika dibandingkan dengan membeli baru anda sebaiknya melakukan servis ganti selang AC sebagai tindakan pencegahan yang lebih murah.

Jenis kerusakan pada AC

Di bawah ini adalah jenis-jenis kerusakan AC secara umum. Berikut ini daftarnya:

1. AC tidak bisa menyala

AC tidak bisa menyala meskipun remote tidak rusak biasanya mengalami masalah pada koneksi power. Periksa tombol power AC atau sekring kontak rumah anda, apakah ada gangguan atau tidak?

Jika anda tidak bisa menemukan gangguan yang terlihat maka, gunakan jasa tukang ac panggilan terdekat dari lokasi saya untuk memperbaikinya. 

2. Muncul es kecil dari dalam AC

Es-es kecil dari AC adalah sebuah persoalan yang membutuhkan teknisi AC yang ahli. Apabila es keluar dari pipa besar maka, evaporator AC tersebut sudah terlalu kotor. 

Jika es keluar dari pipa kecil AC, maka AC anda sedang mengalami kekurangan freon. Segera panggil jasa servis AC agar kerusakan tidak menyebar ke kompresor dan komponen lainnya.

3. AC tidak bisa diremote

AC yang tidak bisa dioperasikan dengan remote kemungkinan mengalami dua kerusakan. Pertama, remote AC mengalami kerusakan. Kedua, sensor AC mengalami kerusakan. Jika hanya remote yang rusak anda bisa membeli remote baru di toko elektronik.

Namun, jika sensor AC yang rusak anda harus memanggil teknisi AC untuk mengatasinya.

4. AC kurang dingin

AC tidak terasa dingin meskipun sudah mengutak atik suhu bahkan pada titik yang paling dingin. Freon bocor adalah penyebab utama dari AC kurang dingin. Freon bocor disebabkan oleh sambungan selang ac yang kendur atau sudah waktunya untuk ganti selang AC.

5. AC berisik

AC mengeluarkan bunyi yang mengganggu ketika digunakan biasanya terjadi kerusakan pada selang AC. Selang AC yang bersentuhan satu sama lain akan mengeluarkan suara derit yang mengganggu.

Jadi, pastikan selang AC tidak berdempetan satu sama lain agar anda tidak mengalam suara berisik ketika menyalakan AC. 

Biaya Perbaikian AC

Agar AC anda bekerja secara optimal, anda harus melakukan servis rutinan. Servis rutinan bisa membantu anda dalam mencegah terjadinya kerusakan AC yang parah. Sehingga anda bisa terhindar biaya kerusakan yang membengkak di kemudian hari.

Oleh sebab itu, disini kami hadirkan gambaran biaya perbaikan AC.

Servis cuci AC dengan 0,5 PK sampai 1 PK memiliki biaya sebesar Rp 65.000. Sedangkan untuk AC 1,5 PK sampai 2 PK dibanderol sebesar Rp 70.000. Untuk perbaikan dan ganti selang AC anda harus merogoh kocek kurang lebih sebesar Rp 500.000. Harganya memang tergolong tinggi namun anda bisa menganggapnya sebagai investasi agar tidak membeli AC baru dengan harga yang lebih mahal.

ALAMAT

Rukan CBD, Jl. Green Lake City
Boulevard No.58, Kec. Cipondoh,
Banten 15148

HUBUNGI KAMI

© 2022 Bonanza AC

whatsapp me