Agar Awet! Berapa Jangka Waktu Ganti Freon AC Rumah?

Tahukah Anda? Perawatan AC rumah cukup mudah, namun jika tidak dirawat secara rutin pasti akan menjalar ke komponen yang lain. AC bisa terasa dingin karena adanya freon yang menjadi salah satu komponen utama pada AC. Lalu berapa jangka waktu ganti freon AC rumah?

Sekilas Tentang Freon

Freon merupakan komponen AC berupa gas refrigeran yang digunakan dalam sistem pendingin. Freon AC berguna untuk menyerap panas dari dalam ruangan dan membuangnya ke luar. Selain itu, freon AC juga berfungsi sebagai pengangkat panas sehingga ruangan dapat terasa lebih sejuk.

Freon AC mengandung campuran gas-gas kimia, yaitu klorofluorokarbon (CFC) atau hidrofluorokarbon (HFC) yang memiliki sifat pendingin. Gas kimia ini memiliki bersifat dingin yang baik dan stabil dalam suhu yang berbeda-beda. 

Nah meski berguna sebagai pendingin, terlalu banyak penggunaan freon juga memberikan dampak buruk. Jenis freon CFC dapat meningkatkan pemanasan global melalui penipisan lapisan ozon. Oleh karena itu, sekarang banyak produsen AC yang beralih menggunakan freon yang lebih ramah lingkungan, seperti HCFC dan HFC.

AC rumah biasanya terdiri atas dua bagian utama, unit indoor untuk mendinginkan udara dan unit outdoor untuk membuang panas dari udara. Jenis AC rumah yang biasa digunakan ialah AC window, AC split, dan AC portable. Adapun jenis freon yang biasa digunakan AC rumah adalah freon jenis R-22 atau freon R-410A.

Jangka Waktu Ganti Freon AC

Lalu berapa jangka waktu ganti freon AC rumah? Pertanyaan ini pasti menghantui pikiran Anda hingga kini. Secara umum, jangka waktu penggantian freon pada AC rumah tergantung kondisi, umur, dan frekuensi penggunaan AC.

Perlu Anda ketahui bahwa freon AC sebenarnya tidak perlu diganti secara rutin jika AC dirawat dan digunakan dengan baik. Hal ini karena freon mengalir dalam sebuah sistem tertutup. Meski ada penguapan dari freon namun penguapannya sangat kecil. 

Penggantian freon AC bisa setiap 2-3 tahun sekali. Jika AC rumah Anda ada kebocoran pada sistem refrigrasi AC, atau kompresor rusak, lebih baik freon diganti lebih sering. Oleh karena itu, jangka waktu penggantian freon AC sebaiknya ditentukan oleh teknisi AC yang sudah memeriksa kondisi AC seluruhnya. Anda bisa memanggil jasa tukang AC panggilan terdekat dari lokasi saya.

Perawatan Rutin AC Rumah

AC rumah perlu dirawat rutin untuk menjaga kinerja dan memperpanjang masa pakainya. Umumnya, hal yang perlu diperhatikan yaitu menjaga kebersihan filter, menjaga suhu ruangan yang tepat, dan melakukan perawatan rutin oleh teknisi AC yang berpengalaman.

Lakukan perawatan rutin AC rumah minimal setiap 3-6 bulan sekali. Anda bisa melakukannya mulai dari membersihkan filter dan evaporator, memeriksa kondisi pipa dan sistem pendinginan.Itulah penjelasan terkait jangka waktu ganti freon AC rumah agar awet. Memang patokan jangka waktu penggantian freon tidak bisa dipastikan. Perawatan AC rumah bisa dianggap mudah atau sulit, tergantung pada kondisi dan jenis masalah yang terjadi pada AC Anda.

ALAMAT

Rukan CBD, Jl. Green Lake City
Boulevard No.58, Kec. Cipondoh,
Banten 15148

HUBUNGI KAMI

© 2022 Bonanza AC

whatsapp me