Ternyata Inilah Biaya Ganti Freon AC dan Penyebabnya!

Tahukah Anda, isi freon menjadi salah satu hal krusial yang harus selalu dipantau agat AC tetap menghasilkan suhu sesuai keinginan penggunanya. Pasalnya freon bermasalah akan berakibat pada tidak berfungsinya AC dengan baik dan kasus ini tak jarang terjadi pada beberapa orang. Lantas, berapa biaya ganti freon AC di rumah? Berikut merupakan informasi kisaran biaya yang akan Anda keluarkan untuk ganti freon Air Conditioner di rumah. Yuk, simak sampai tuntas! 

Freon AC

Apa sih freon itu? Sebagai salah satu komponen penting pada Air Conditioner, freon merupakan jenis gas yang termasuk kategori tidak mudah terbakar. Fungsinya sendiri adalah untuk mendinginkan suhu dalam AC. Sensasi dingin yang dikeluarkan dari freon berasal dari proses penguapan berulang yang akhirnya menghasilkan udara sejuk. 

Selanjutnya, penguapan berulang yang menghasilkan udara sejuk tersebut menyebar ke seluruh sistem AC. Oleh karena ukuran AC sangat beraneka ragam, maka biaya ganti freon AC pun juga berbeda-beda. Hal tersebut dilihat berdasarkan masing-masing tingkatan. Bahkan, bisa juga biaya ganti tersebut tergantung dengan jenis kerusakan yang terjadi pada freon. Apa saja jenis-jenisnya? Inilah informasi selengkapnya! 

Kerusakan pada Freon

Freon yang berulang kali diisi bisa jadi bukan habis karena beroperasi, namun bisa jadi karena adanya kerusakan yang tidak diketahui. Agar tidak boros dalam hal pengisian freon, ketahui jenis-jenis kerusakan yang sering terjadi pada freon AC rumah. Dengan mengetahui penyebab dan jenis kerusakan, maka Anda dapat mengantisipasi dengan tepat. Inilah beberapa penyebab pengisian freon! 

1. AC Bocor

Penyebab pertama terjadinya pengisian freon yang terus berulang pada AC adalah kebocoran pada Air Conditioner Anda. AC yang bocor dan tidak segera ditangani dengan tepat akan menyebabkan freon cepat habis. Jika tidak segera mendapatkan penanganan yang tepat dari tukang ac panggilan terdekat dari lokasi saya, maka Anda akan mengeluarkan biaya lebih untuk melakukan pengisian freon secara berulang. Maka dari itu, semakin cepat kebocoran terdeteksi, akan semakin sedikit freon AC yang harus diisikan. 

2. Frekuensi Penggunaan AC

Selanjutnya, penyebab pengisian freon yang terus berulang terjadi karena kerapatan frekuensi penggunaan AC. Bagaimana maksudnya? Jadi, semakin sering AC digunakan akan semakin sering pula pengisian freon dilakukan. Maka dari itu, untuk mengurangi biaya operasional pemakaian AC, atur ulang penggunaan AC di rumah Anda. Jika memang tidak benar-benar diperlukan alangkah lebih bauk Anda mematikan AC agar tidak terlalu sering melakukan pengisian freon. Lantas berapa sebenarnya biaya ganti freon AC di rumah? Untuk biayanya mulai dari Rp150.000 sampai dengan Rp450.000. Hal tersebut tergantung pada jumlah freon yang akan diisikan. Demikian informasi yang dapat disampaikan semoga dapat memberi manfaat dan menjawab pertanyaan Anda.

ALAMAT

Rukan CBD, Jl. Green Lake City
Boulevard No.58, Kec. Cipondoh,
Banten 15148

HUBUNGI KAMI

© 2022 Bonanza AC

whatsapp me