Ganti Freon AC? Inilah Alasan Dan Waktu Yang Tepat Untuk Mengganti

AC atau Air Conditioner sudah menjadi kebutuhan setiap rumah yang harus dipenuhi, apalagi jika cuaca sangat panas. AC mampu menciptakan suasana dingin yang menyegarkan. Cocok bagi anda yang telah melakukan kegiatan seharian dan ingin bersantai sejenak di rumah.

Sebagai alat elektronik, AC juga akan mengalami kerusakan ketika sering dipakai. Oleh karena itu dibutuhkan perhatian lebih agar komponen AC tidak cepat mengalami kerusakan. Salah satu komponen penting dalam AC yaitu freon.

Freon AC atau juga dikenal dengan refrigerant merupakan campuran gas yang masuk ke dalam pompa AC agar dapat membentuk sirkulasi dingin. Atau, difungsikan untuk mengubah udara panas tinggi menjadi lebih dingin, yang akhirnya disebar ke seluruh ruangan.

Semakin menggunakan AC tentu komponen yang di dalamnya akan mengalami penurunan fungsi sehingga kerja AC tidak maksimal. Salah satu penyebab AC tidak bekerja maksimal yaitu kerusakan pada freon. Sehingga dibutuhkan ganti freon AC.

Sebagai pengguna AC, anda harus tahu alasan dan kapan waktu yang tepat untuk mengganti freon AC. Simak penjelasan di bawah ini agar anda lebih mengenal kebutuhan AC.

Penyebab Melakukan Ganti Freon AC

Freon menjadi komponen penting yang dibutuhkan untuk menyejukkan ruangan. Oleh karena itu, kalau habis perlu diganti agar ruangan tetap dingin dan sejuk. Berikut penyebab ganti freon AC:

1. Terjadi Kebocoran Pada Pipa 

Kebocoran yang terjadi pada pipa akan menyebabkan zat yang ada di dalam freon akan cepat habis, sehingga butuh diganti dengan yang baru. Tujuannya agar kerja AC tetap maksimal dan ruangan tetap sejuk.

2. Pemasangan Flaring Yang Kurang Kencang 

Kebocoran pada freon juga dapat disebabkan oleh pemasangan flaring yang kurang kencang. Mendeteksi keadaan flaring memang sulit, bagi anda yang kurang paham bisa memanggil tukang ac panggilan terdekat dari lokasi saya ke rumah untuk melakukan pengecekan.

3. Kebocoran Pada Evaporator 

Kesalahan lainnya yaitu bisa jadi evaporator mengalami kebocoran. Kemungkinan terbesar jika evaporator mengalami kebocoran yaitu cairan freon akan mengalir keluar hingga akhirnya habis. Untuk menghindari masalah-masalah yang terjadi pada freon alangkah lebih baik anda memilih produk yang berkualitas bagus.

Waktu Yang Tepat Untuk Melakukan Ganti Freon AC

Jika terjadi kerusakan atau kebocoran pada freon, hal yang pasti terjadi yaitu penurunan udara dingin yang mampu dikeluarkan oleh AC. Padalnya freon menjadi hal penting yang difungsikan untuk mengubah udara panas menjadi dingin. 

Untuk itu, apabila telah ditemukan masalah-masalah yang telah dijelaskan di atas maka segeralah melakukan pengisian atau penggantian freon. Tidak hanya itu, anda juga dapat menentukan waktu yang tepat untuk mengganti freon dengan merasakan udara dingin yang dikeluarkan oleh freon AC. Namun idealnya ganti freon AC dilakukan setelah 3 tahun lebih digunakan. Untuk pengisian zat yang ada di dalam freon dapat anda lakukan setiap 3 bulan sekali, sekaligus melakukan pembersihan AC agar tidak ditempeli kotoran membandel.

ALAMAT

Rukan CBD, Jl. Green Lake City
Boulevard No.58, Kec. Cipondoh,
Banten 15148

HUBUNGI KAMI

© 2022 Bonanza AC

whatsapp me