AC Tidak Mau Naik Turun? Cek Penyebabnya Di Sini Dan Segera Lakukan Tindakan!

Keadaan cuaca yang semakin tak menentu membuat banyak rumah bersiap siaga, terutama cuaca panas yang ekstrem. Udara yang panas tentu akan menimbulkan gerah dan keringat yang berlebihan. Logikanya, tidak mungkin di cuaca panas yang ekstrem sering mandi. Pasalnya, volume air dalam tanah juga akan berkurang. 

Oleh karena itu, banyak rumah yang didesain khusus agar sirkulasi udara dapat keluar masuk dengan baik. Namun pada daerah perkotaan, hal ini tidak baik bagi kesehatan saluran pernafasan. Sehingga, memilih menggunakan AC atau Air Conditioner.

AC atau Air Conditioner mampu menciptakan udara sejuk dan segar dalam ruangan. Jika dibandingkan dengan menggunakan kipas angin, penggunaan AC lebih efektif karena seluruh ruangan bisa merasakan kesejukannya.

Sama halnya dengan alat elektronik lainnya, secara fisik AC juga dapat mengalami kerusakan. Kerusakan yang biasanya terjadi yaitu AC tidak mau naik turun. Bagi anda yang tidak paham mungkin akan panik, tentu!. Namun sebelum itu, simak penyebab dan solusinya sebagai berikut: 

Penyebab AC Tidak Mau Naik Turun

Sebelum melakukan tindak perbaikan, anda harus mengetahui penyebab AC tidak mau naik turun. Namun, jika anda tidak paham dunia per-AC an maka panggil saja tukang ac panggilan terdekat dari lokasi saya.

1. Daun Swing AC Retak Atau Patah

Kerusakan yang terjadi pada motor swing tentu akan mempengaruhi pergerakan daun swing AC. Pasalnya, jika motor swing rusak, maka daun swing tidak akan terjepit sempurna dan AC tidak mau naik turun.

2. Daun Swing Terganjal Benda Asing

Pergerakan daun swing AC akan selulosa jika tidak ada kotoran atau benda asing yang mengganjal. Meskipun benda asing tersebut sangat kecil ukurannya, juga dapat mempengaruhi pergerakan daun AC. Jadi, harus selalu diperhatikan.

3. Kabel Putus

Ketika AC tidak mau naik turun anda perlu melakukan pengecekan terhadap kabel yang tertaut. Barangkali terdapat kabel yang mengelupas atau putus sehingga perlu diganti dengan yang baru. untuk memeriksanya anda dapat membuka casing atau cover indoor AC.

4. Terdapat Socket Yang Kendor

Socket juga tak kalah penting dengan kabel. Socket digunakan untuk menghubungkan motor swing dengan modul. Jika, socket kendor tentu akan mempengaruhi pergerakan daun AC.

Solusi AC Tidak Mau Naik Turun

Jika anda mengalami hal di atas pada AC di rumah, tidak perlu panik. Karena kerusakan yang dialami belum terlalu parah dan harus diganti total. Langkah yang bisa dilakukan yaitu dengan menghubungi teknisi brand jika masih dalam waktu garansi.

Anda juga dapat menghubungi teknisi toko untuk melakukan pengecekan dan tindak perbaikan sesuai kebutuhan. Tidak hanya itu, setelah perbaikan anda juga harus lebih sering membersihkan AC agar tidak kotor dan rusak.

ALAMAT

Rukan CBD, Jl. Green Lake City
Boulevard No.58, Kec. Cipondoh,
Banten 15148

HUBUNGI KAMI

© 2022 Bonanza AC

whatsapp me