AC Mengalami Masalah Seperti Ini? Segera Panggil Tukang AC Panggilan Terdekat Dari Lokasi Saya

Terdapat berbagai jenis kerusakan pada AC dan jika AC anda mengalami permasalahan tersebut, maka sebaiknya segera panggil tukang AC panggilan terdekat dari lokasi saya. Mengapa harus segera panggil tukang AC? Karena jika dibiarkan saja akan lebih parah sehingga biaya penanganannya juga akan lebih tinggi.

Jadi, selagi kerusakan belum terlalu parah, lebih baik ditangani sedini mungkin. Namun, anda harus tahu jenis-jenis masalah yang umum terjadi pada AC atau ciri-ciri AC rusak berikut ini supaya mengetahui kapan harus diservice oleh jasa tukang AC.

Masalah yang Umum Terjadi Pada AC

Permasalahan pada AC tentu banyak sekali dialami hampir semua pengguna beragam merk AC. Misalnya jika anda pengguna AC Daikin, suatu hari mungkin anda merasa AC Daikin cepat rusak, atau merk AC lainnya mungkin juga bisa seperti itu apalagi jika penggunaannya tidak benar atau memaksa AC bekerja terlalu keras. Biasanya masalah-masalah yang sering sekali muncul pada AC yaitu AC meneteskan air, AC kurang dingin atau terkadang AC malah mengeluarkan suhu panas padahal tidak memasang suhu tinggi.

Pada masalah yang lebih serius biasanya berupa AC yang tak mau nyala, bocor, mengeluarkan bau tak sedap, serta AC tidak mau naik turun. Jika masalah seperti AC tak bisa naik turun (swing rusak), biasanya disebabkan oleh motor swing yang rusak, pengait daun swing sudah aus atau patah, daun swing terganjal sesuatu, atau penyebab lainnya.

Tanda-Tanda AC Mengalami Kerusakan

1. Lampu Indikator Berkedip

Salah satu ciri AC bermasalah adalah lampu indikator yang berkedip. Timbulnya kedipan pada lampu indikator tersebut biasanya karena kerusakan di bagian PCB unit AC. Dalam kasus seperti ini, sebaiknya segera ganti PCB nya supaya rangkaian listrik di AC bisa bekerja lebih maksimal.

2. AC Otomatis Mati Sendiri

Ya benar, beberapa AC memang terdapat fitur mati secara otomatis. Namun jika AC anda tak ada fitur ini dan tiba-tiba ia mati sendiri, maka ini bisa jadi tanda suatu kerusakan pada AC. Lebih baik anda pesan service panggilan AC untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh tenaga ahlinya. Dengan begitu, sumber kerusakan bisa diketahui lebih awal.

3. Udara AC Panas

Bukannya mengeluarkan udara dingin, AC malah mengeluarkan udara panas? Jenis kerusakan tersebut bisa menjadi sebuah indikasi adanya suatu gangguan di bagian instalasi pipa ataupun di bagian lainnya. Cek dahulu bagian pipanya dan juga penutup pipa untuk memastikan apa terdapat kebocoran dan penutup yang lepas. Gantilah penutupnya atau ganti kabel yang sudah rusak supaya AC bisa normal lagi.

4. Mengeluarkan Bau Tak Sedap

Ini menjadi salah satu tanda-tanda AC rusak yang biasanya sudah cukup mengganggu. Jika bau tersebut cenderung menyengat, maka itu bisa menjadi sebuah indikasi bahwa terdapat kabel yang terbakar di dalam AC. Jika bau yang muncul cenderung apek, bisa jadi terdapat jamur di area saluran udara atau di dalam unit AC. 

Untuk masalah ini sebenarnya bisa diatasi sendiri dengan melakukan pembersihan serta pengecekan dalam unit. Namun apabila anda tak terbiasa dengan jenis perangkat elektroniknya, tak ada waktu luang, atau alasan lainnya, sebaiknya jadwalkan saja service AC dengan jasa service AC. Anda bisa juga melihat di internet mana saja tukang AC panggilan terdekat dari lokasi saya.

5. Tagihan Listrik Naik

AC yang tidak bekerja dengan baik biasanya akan membebankan daya listrik anda. Jika memang tagihan listrik di rumah ataupun di tempat AC terpasang tiba-tiba naik drastis dikarenakan kinerja AC yang tidak optimal, maka panggilah tukang AC terdekat untuk dilakukan service.

6. Hanya Sedikit Udara yang Keluar dari AC

Jika tanda ini terjadi pada AC anda, maka kemungkinan pendingin udaranya sedang mengalami gangguan. Hal tersebut bisa terjadi dikarenakan gangguan di bagian kompresor AC ataupun bagian saluran AC sehingga udara tidak bisa berputar dalam ruangan.

7. AC Mengeluarkan Suara

Biasanya AC tak memunculkan suara apapun atau hanya berupa desis halus seperti white noise yang tak mengganggu. Tetapi jika AC anda mengeluarkan suara berisik yang sampai mengganggu, sebaiknya jangan terlalu membuat AC tersebut bekerja keras di jangka waktu yang sangat lama. Apabila AC di rumah selalu memunculkan suara ini, pesan jadwal service dengan tukang AC rumah agar segera diatasi.

8. Kebocoran Freon

Kebocoran freon biasanya disertai munculnya minyak atau seperti cairan mirip oli di bagian yang bocor tersebut. Bau hangus bisa muncul dan udara AC bisa panas jika komponen ini mengalami kebocoran. Simak penjelasan lainnya terkait masalah freon di bawah ini.

Apa Itu Freon dan Kapan Harus Ganti Freon AC?

Freon merupakan bahan pendingin yaitu berupa cairan ataupun gas yang mana ini sangat dibutuhkan mesin pendingin (AC atau kulkas) untuk bisa membuat suhu udaranya tetap dingin. Seiring berjalannya waktu pemakaian, freon AC dapat berkurang, sehingga penting sekali untuk menambah freon AC supaya tetap terisi. Namun penambahan atau penggantian freon AC ini tidak sering-sering dilakukan.

Freon AC ini jarang sekali rusak, dan masa pakainya sangat lama serta awet. Bahkan apabila tidak ditemukan kerusakan pun, freon ini dapat bertahan sampai 3 tahun lebih. Jadi, jangka waktu ganti freon AC rumah yaitu sekitar 3 sampai 4 tahun. Anda harus berhati-hati karena bisa jadi terdapat tukang servis AC yang menawarkan Anda untuk segera isi atau tambah freon AC padahal belum saatnya itu dilakukan.

Jika dihadapkan di situasi seperti ini, maka jangan langsung percaya. Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, bahwa freon AC jarang rusak, apalagi sampai harus diisi lagi. Anda harus memahami terlebih dahulu apa saja kondisi yang mengharuskan AC perlu benar-benar diisi lagi atau diganti freonnya. Adapun untuk biaya ganti freon AC atau tambah freon AC bisa berbeda-beda tergantung PK AC serta jenis freon apa yang digunakan.

Ini berlaku juga pada biaya ganti freon AC kamar maupun penggantian freon AC di ruangan lainnya. Seperti yang diketahui bahwa biayanya dibedakan berdasarkan berbagai jenis freon dan PK AC, antara lain ada jenis r22 dengan setengah PK hingga 1 PK, ada jenis freon r32 dengan setengah hingga 1 PK, dan jenis-jenis lainnya.

Di atas adalah terkait dengan freon AC, lalu bagaimana dengan selang atau pipa AC? Kapan harus ganti selang AC? Penggantian dilakukan jika memang ada kerusakan pada selang AC, bocor, ganti AC, atau bisa juga diganti jika sudah terdapat korosi atau sudah banyak berlumut untuk mencegah adanya kerusakan. Namun penggantian selang ini cukup jarang dilakukan.Itulah serba serbi tentang masalah pada AC, penggantian freon, dan lain-lain. Gunakanlah AC anda dengan baik dan tidak terlalu berlebihan dalam pemakaiannya. Serta pastikan jika AC mengalami masalah segera cari tukang AC panggilan terdekat dari lokasi saya supaya langsung ditangani ahlinya dan AC bisa berfungsi normal lagi.

ALAMAT

Rukan CBD, Jl. Green Lake City
Boulevard No.58, Kec. Cipondoh,
Banten 15148

HUBUNGI KAMI

© 2022 Bonanza AC

whatsapp me