4 Hal Yang Mengharuskan Anda Melakukan Penggantian Freon AC

AC rumah yang mulai tidak terasa dingin bisa disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah komponen freon yang habis atau bocor. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda sebaiknya segera melakukan penggantian freon AC. 

Freon sendiri merupakan senyawa kimia berupa gas yang bisa memberikan efek pendinginan maupun pemanasan pada mesin refrigrasi. Freon AC rumah terdiri dari beberapa tipe yaitu freon R22, R32, R410A, dan R290. Keempat tipe freon tersebut memiliki keunggulannya masing-masing. Freon tipe R290 menjadi freon AC yang memiliki tingkat ramah lingkungan paling tinggi, sedangkan untuk freon tipe R32 banyak digunakan pada AC rumah tangga.

Meski termasuk komponen AC yang paling awet, namun tidak menutup kemungkinan terjadi kebocoran freon yang membuat AC menjadi tidak dingin. Lantas, hal apa saja yang membuat Anda harus mengganti freon AC? Berikut tanda-tandanya.

AC Tidak Dingin Walaupun Sudah Dicuci

Ketika terjadi kebocoran freon, AC yang sudah dicuci secara berkala biasanya masih tidak terasa dingin. Jadi, apabila Anda telah mengatur temperatur dengan benar dan ukuran PK AC sesuai dengan luas ruangan, kemungkinan besar freon AC di rumah Anda mengalami masalah. Untuk mengeceknya, Anda bisa memanggil jasa service AC panggilan berpengalaman agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Bagian Unit Outdoor Tidak Mengeluarkan Suhu Panas

AC yang bekerja dengan baik akan mengeluarkan suhu panas pada bagian unit outdoor-nya. Suhu panas ini terjadi akibat proses pendinginan atau perubahan dari tekanan yang rendah ke tekanan tinggi. Jika bagian unit outdoor tidak mengeluarkan suhu panas, Anda patut mencurigai komponen freon AC. Kurangnya tekanan gas freon dapat menyebabkan proses pendinginan tidak terjadi.

Masalah ini tidak boleh disepelekan karena dapat merusak mesin kompresor. Kompresor yang rusak tentu harus diganti, begitupun dengan bagian freon AC.

Adanya Bunga Es

Penggantian freon AC perlu dilakukan saat muncul bunga es di bagian pipa instalasi atau evaporator. Bunga es tersebut juga bisa terbentuk akibat adanya debu yang menghambat tekanan sirkulasi udara di dalam saluran pipa instalasi. Untuk itu jangan lupa merawat dan membersihkan AC dari debu maupun kotoran.  

Lampu Indikator Yang Berkedip

Lampu indikator yang berkedip pada jenis AC inverter juga menjadi tanda adanya masalah pada freon. Masing-masing produsen AC memiliki warna lampu indikator penanda yang berbeda-beda. Anda bisa membaca dan mempelajari buku panduan penggunaan AC terlebih dahulu sebelum memutuskan menggunakan jasa service AC terpercaya untuk mengganti freon. Demikianlah ulasan mengenai empat hal yang mengharuskan Anda melakukan penggantian freon AC. Dengan mengetahui tanda-tandanya, kerusakan AC secara permanen yang disebabkan oleh freon  bocor pun dapat diminimalkan. Anda juga tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli AC yang baru. Semoga bermanfaat.

ALAMAT

Rukan CBD, Jl. Green Lake City
Boulevard No.58, Kec. Cipondoh,
Banten 15148

HUBUNGI KAMI

© 2022 Bonanza AC

whatsapp me