Selain Pakai Jasa Service AC Panggilan Terdekat, Ini 4 Cara Merawat AC!

Bukan hanya bertugas memperbaiki dan mengganti komponen, jasa service AC panggilan terdekat juga membantu Anda memelihara perangkat. Servis berkala termasuk langkah mudah yang akan memperpanjang usia AC. Pasalnya, masalah atau gangguan sekecil apa pun terdeteksi cepat serta segera ditangani sebelum menimbulkan kerusakan.

Namun, bukan berarti tanggung jawab pemeliharaan AC diserahkan sepenuhnya pada penyedia layanan tersebut. Anda sebagai pemilik AC juga sebaiknya melakukan tindakan-tindakan berikut agar komponen tahan lama:

1. Rutin membersihkan AC

Membersihkan AC memang bukan hal mudah, sehingga pemula biasanya diminta menyerahkan tugas ini kepada service AC panggilan. Akan tetapi tak ada salahnya Anda membiasakan diri untuk menjadwalkan pembersihkan dengan maupun tanpa bantuan teknisi servis.

Mengapa Anda tak boleh melewatkan pembersihan AC? Perangkat elektronik ini rentan rusak manakala bagian dalamnya dipenuhi kotoran. Penumpukan kotoran tersebut yang mengakibatkan berbagai gangguan seperti udara yang kurang dingin hingga kebocoran pada AC.

2. Periksa saluran pembuangan dan tekanan gas

Langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah memeriksa saluran pembuangan air. Bagian tersebut harus bebas dari penyumbatan. Pipanya pun tak boleh bocor, karena akan mengakibatkan penurunan kualitas udara di ruangan yang membahayakan kesehatan Anda.

Lanjutkan pengecekan pada tekanan gas pendingin. Tekanan gas yang terlalu rendah umunya membuat pendinginan kurang efektif. Anda bisa meminta bantuan pada jasa service AC panggilan terdekat untuk mengatur tekanan gas pada level yang tepat.

3. Jangan atur suhu pada AC terlalu rendah

Masih banyak orang yang mengatur suhu AC terlalu rendah dari yang direkomendasikan. Perlu diketahui bahwa di negara-negara tropis seperti Indonesia, suhu AC yang dianjurkan adalah 22oC. Sayangnya, ada yang menurunkannya sampai di bawah 20oC karena merasa belum dingin.

Untuk sesaat, penurunan suhu pada AC membuat ruangan lebih sejuk. Namun, kebiasaan ini rupanya dapat membuat komponen bekerja lebih keras. Dalam jangka waktu lama, bukan hanya komponen AC yang cepat rusak, tagihan listrik juga bakal membengkak.

4. Menjaga pemakaian AC di ruangan

Memasang AC tak dipungkiri meningkatkan kenyamanan dan produktivitas, khususnya bagi Anda yang menetap atau bekerja di pusat kota. Kendati demikian, Anda perlu memperhatikan kebiasaan saat memakai AC. Pasalnya, penggunaan yang kurang sesuai kebutuhan berisiko merusaknya.

Untuk pemakaian yang bijak, sebaiknya nyalakan AC saat suhi mulai terasa panas. Cek suhunya, jangan terlalu dingin karena akan berbalik mengganggu kesehatan. Matikan juga AC saat Anda meninggalkan ruangan atau selesai beraktivitas di sana.

Sekali lagi, walau ada beberapa perawatan yang bisa dilakukan sendiri, jangan sungkan untuk menghubungi jasa service AC panggilan kalau memang butuh panduan. Alhasil, AC berfungsi optimal dalam waktu lama.

ALAMAT

Rukan CBD, Jl. Green Lake City
Boulevard No.58, Kec. Cipondoh,
Banten 15148

HUBUNGI KAMI

© 2022 Bonanza AC

whatsapp me