AC Bekerja Kurang Optimal? Gunakan Jasa Bongkar Pasang AC Berpengalaman

Bagi Anda yang bertempat tinggal di perkotaan AC merupakan kebutuhan utama yang harus ada di rumah, jenis AC yang digunakan juga bisa disesuaikan kebutuhan, penggunaan terus menerus dan kurangnya perawatan dapat membuat AC mudah rusak, perlu bongkar pasang ac dan perawatan rutin agar AC tetap awet maksimal.

Bukan hanya perlu memperhatikan perawatannya saja penggunaan yang kurang tepat dapat membuat AC cepat rusak, mungkin Anda kurang begitu menyadari kebiasaan yang sering dilakukan tersebut ternyata bisa menyebabkan AC kurang terawat, apa saja hal yang baiknya dihindari pada saat menggunakan AC?

Tidak Mematikan AC

Cuaca yang panas membuat orang bergantung dengan adanya AC, memang AC menjadikan udara dalam ruangan lebih sejuk dan dingin, tidak heran jika banyak orang yang betah berada di ruangan ber-AC berlindung dari teriknya cuaca di siang hari.

Sayangnya ketika meninggalkan ruangan tidak sedikit orang yang lupa untuk mematikan AC, padahal ac terbaru yang dibiarkan nyala dalam waktu lama akan mempengaruhi performa mesinnya dan menjadikannya mudah rusak, selain kerusakan karena lupa mematikan AC tagihan listrik juga turut membengkak.

Daripada harus membayar tagihan yang besar lebih baik Anda mengaktifkan pengaturan timer, dengan begitu AC akan otomatis mati sesuai dengan waktu yang ditetapkan, cara ini cukup efektif diterapkan bagi Anda yang seringkali kelupaan mematikan AC saat keluar ruangan.

Menyalakan Dan Mematikan AC Dengan Cepat

Apakah Anda terbiasa menyalakan dan mematikan AC terlalu cepat? Jika benar usahakan untuk mengubah kebiasaan tersebut, karena kebiasaan menyalakan dan mematikan dengan cepat dapat membuat mesin tidak tahan lama, jika sudah rusak maka Anda perlu merogoh kocek dalam hanya sekedar untuk menemukan harga ac terbaru.

Setelah AC dinyalakan gunakanlah sesuai dengan kebutuhan, jika dirasa ruangan sudah cukup dingin dan tidak ingin menggunakannya lagi segera matikan AC, ketika AC sudah mati dan Anda ingin menyalakannya lagi maka tunggulah beberapa saat sebelum menyalakannya kembali, gunakan AC dengan bijak sehingga performa mesinnya tetap terjaga.

Suhu AC

Udara luar ruangan yang panas membuat orang mengatur suhu AC terlalu rendah, padahal mesin akan bekerja lebih keras pada saat Anda mengatur suhu rendah, hindari mengatur suhu rendah meskipun suhu udara di luar cukup panas, setidaknya Anda perlu menggunakan AC dengan batas suhu normal namun ruangan tetap terasa sejuk.

Tidak Membersihkan AC

Jangan heran jika Anda dikenai ongkos bongkar pasang ac yang relatif mahal akibat jarang merawat dan membersihkan AC di rumah, masih ada orang yang sering menggunakan AC tapi tidak dengan rutin melakukan perawatan, apalagi AC digunakan seharian tanpa jeda waktu mematikannya.

Kebiasaan yang kurang baik tersebut bisa jadi menambah parah kerusakan pada AC dari kerusakan satu komponen lalu merambat ke komponen lain, pastinya Anda tidak ingin hal ini terjadi bukan? Oleh karena itu penting untuk selalu memperhatikan aircondition installation demi AC awet tahan lama.

Jadi dari sekian hal di atas mana yang sekiranya paling sering Anda lakukan? Apabila Anda hampir melakukan semua hal di atas mulailah untuk mengubahnya sekarang juga, menggunakan AC terus menerus tanpa dibarengi perawatan rutin akan membuat AC bekerja kurang optimal.

Penting sekali melakukan perawatan rutin agar AC awet dan kerja mesin tetap optimal, jika Anda ingin melakukan perawatan AC di rumah bisa dengan bongkar pasang AC, hanya saja jika melakukannya sendiri mungkin terlihat ribet dan tidak maksimal, daripada harus mengerjakannya sendiri gunakan saja jasa bongkar ac yang sudah berpengalaman di bidangnya.

Bersihkan Filter

Tips penting merawat AC yang perlu dilakukan secara berkala adalah membersihkan filter atau penyaring, jika Anda merasa suhu AC tidak lagi dingin maka segera bersihkan filternya yang sudah kotor, filter dirancang untuk mudah dilepas dan dipasang sehingga memungkinkan pengguna membersihkan filter secara berkala.

Bersihkan filter dengan mencucinya menggunakan air bersih dan sikat, apabila kondisi filter sudah sangat kotor segera ganti dengan yang baru, karena jika Anda tetap menggunakan filter yang kotor tersebut akan mempengaruhi aliran udara yang keluar masuk, jika dibiarkan menggunakan yang kotor kerusakan mesin AC akan tambah parah.

Tekanan Freon

Bukan hanya membersihkan bagian filternya saja tapi coba cek tekanan freon yang membuat udara dalam ruangan menjadi dingin, jasa pindah ac membantu Anda mengetahui tekanan freon yang mungkin saja terdapat kebocoran, jadi udara dingin tidak hanya disebabkan karena filter yang kotor tapi juga tekanan freon menurun, sebaiknya Anda melakukan pengecekan setiap 6 bulan sekali oleh ahli AC.

Periksa Evaporator

Apa fungsi dari evaporator pada AC? Fungsi evaporator yaitu untuk membantu menyerap hawa panas yang ada di ruangan, mungkin Anda kurang paham cara kerja evaporator pada AC yang mempengaruhi udara dari AC tersebut.

Apabila udara ac baru tidak dingin bisa disebabkan karena evaporator tidak bekerja maksimal, hal yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan evaporator agar kembali bekerja adalah dengan membersihkannya menggunakan kain basah, namun jika Anda ragu lebih baik menggunakan jasa servis AC agar tidak melakukan kesalahan.

Pasang AC Di Sudut Yang Tepat

Apakah selama ini Anda sudah memasang AC di tempat yang tepat? Ternyata AC yang dipasang di tempat yang kurang sesuai dapat membuat kinerjanya kurang optimal, usahakan pasang AC jauh dari jangkauan sinar matahari.

Bukan hanya unit dalam ruangan tapi unit yang ada di luar ruangan juga perlu ditempatkan di area teduh, bukan tanpa alasan unit yang ada di area panas dapat menyebabkan panas pada komponen mesinnya, bahkan kesalahan memasang di tempat yang terkena matahari ini dapat membuat bagian AC terbakar, maka dari itu jangan menganggap remeh pemasangan unit AC baik itu unit yang ada di dalam maupun di luar ruangan.

Sambungan Listrik

Ketika akan memperbaiki AC jangan lupa untuk memeriksa sistem kelistrikan yang ada di rumah, adanya kebocoran listrik ternyata dapat berpengaruh pada kinerja AC, pastikan melakukan pemeriksaan biaya bongkar ac untuk keamanan rumah dan AC Anda.

Pengaturan Termostat

Sudah menjadi hal biasa ketika menyalakan AC langsung ke suhu yang rendah dengan tujuan agar ruangan cepat dingin, sayangnya hal tersebut dapat membuat AC tidak awet, kompresor akan bekerja maksimal sehingga membuat AC cepat rusak.

Hindari kebiasaan menyalakan AC langsung ke suhu rendah, jika ingin membuat ruangan dingin mulai atur suhu AC secara perlahan seperti misalnya di angka 25° celcius baru setelah 10 menit diturunkan mulai 1° hingga 4° di awal.Lakukan servis AC secara rutin untuk mencegah terjadinya kerusakan besar pada AC, layanan bongkar pasang AC akan memeriksa komponen yang biasanya mempengaruhi kinerja AC.

ALAMAT

Rukan CBD, Jl. Green Lake City
Boulevard No.58, Kec. Cipondoh,
Banten 15148

HUBUNGI KAMI

© 2022 Bonanza AC

whatsapp me