11 Tips Perawatan dan Pemeliharaan atau Service AC

Merawat atau service AC Anda secara teratur membantu menekan biaya dan AC Anda agar berfungsi dengan baik. Lanjutkan membaca untuk informasi lebih lanjut tentang cara merawat AC Anda. Pendingin udara, seperti peralatan mekanis lainnya, memerlukan perawatan tertentu agar berfungsi dengan baik. Untungnya, perawatan AC melibatkan beberapa aktivitas yang dapat Anda selesaikan sendiri tanpa perlu memikirkan biaya bongkar pasang ac.

Pelajari Cara Kerja AC Rumah Anda

Sebagian besar AC sentral terdiri dari dua komponen dasar: unit luar ruangan (kompresor/kondensor) yang terletak di sebelah rumah Anda dan unit dalam ruangan (evaporator) yang terletak di saluran sentral dekat tungku Anda. Unit interior akan berada di penangan udara jika Anda memiliki pompa panas, bukan tungku. Gunakan prosedur perawatan yang sama seperti yang ditunjukkan di sini.

Jika tungku Anda berbeda dari yang digambarkan, atau jika Anda memiliki pompa panas, lihat buku pegangan pemilik untuk mendapatkan bantuan. Komponen fundamentalnya akan sama. Lihat panduan terperinci kami untuk membersihkan AC rumah Anda.

Perawatan seperti apa yang dibutuhkan AC?

Richard Trethewey, ahli pipa dan heater, setuju untuk menawarkan saran perawatan AC untuk unit udara dan jendela sentral. Ini bukan hanya masalah kenyamanan dalam menjaga agar AC Anda berfungsi secara efektif. Ini mungkin berakhir menjadi masalah kesehatan dan keselamatan.

Selain itu, AC juga membantu dalam manajemen kelembaban. Mengontrol kelembaban membantu dalam pencegahan jamur dan pertumbuhan jamur. Membatasi pembentukan jamur dapat menjaga kesehatan pernapasan Anda. Jadi, inilah beberapa ide service AC agar unit Anda berfungsi secara efisien tanpa harus membeli AC baru.

Untuk apa memikirkan harga ac baru atau tukang pasang ac terdekat jika Anda sendiri bisa memperbaikinya secara manual. Biaya atau harga bongkar pasang ac juga tidak murah, jadi jika Anda bisa memperbaikinya sendiri tentunya Anda akan menghemat banyak biaya.

1. Ganti Filter AC Anda

Filter yang kotor dapat mengurangi kinerja AC Anda, jadi gantilah setiap bulan secara rutin, dan upayakan untuk mencuci filter jika masih bisa digunakan dan tidak rusak. Cari nilai pelaporan efisiensi minimal, atau MERV dari filter, yang berkisar dari 1 hingga 12 untuk unit AC rumah tangga. Semakin tinggi angkanya, semakin besar filtrasi dan semakin banyak energi yang dibutuhkan untuk menarik udara melewatinya. Jadi seimbangkan masalah kualitas udara dengan pengeluaran energi.

2. Perbaiki Kebocoran AC

Saluran dapat kehilangan hingga 30 persen aliran udaranya karena kebocoran, dan unit AC jendela sangat sulit untuk disegel dengan benar. “Teknik asap” dapat digunakan untuk menemukan kebocoran.

Caranya, nyalakan sebatang dupa dan posisikan di tempat pertemuan unit dan bingkai jendela; untuk AC sentral, pegang tongkat di dekat sambungan saluran. Anda mengalami kebocoran jika asap berhembus. Untuk saluran, isi celah kecil dengan selotip dan celah yang lebih lebar dengan damar wangi saluran; untuk unit AC jendela, taruh busa di antara perangkat dan bingkai jendela, rekatkan seperlunya.

3. Manfaatkan Timer

Tidak perlu menghidupkan AC saat Anda sedang bekerja. Pasang thermostat yang dapat diprogram untuk unit sentral, yang memungkinkan Anda menyetel suhu yang lebih tinggi saat Anda pergi dan menurunkan suhu saat Anda di rumah.

Unit AC jendela yang lebih baru menawarkan pengatur waktu bawaan dan termostat yang dapat disesuaikan, atau Anda dapat menggunakan pengatur waktu ponsel cerdas Anda; pastikan itu sesuai dengan voltase peralatan Anda. Jangan matikan sistem kecuali Anda akan berlibur; jika tidak, kompresor udara harus bekerja lebih keras untuk mendinginkan rumah Anda nanti.

4. Menjaga Udara Dingin dengan Insulating

Saluran di loteng berpemanas atau ruang merangkak harus dibungkus dengan insulasi agar udara di dalamnya tetap dingin. Busa semprot, insulasi batt, dan insulasi busa kaku adalah semua opsi. Alih-alih lakban, segel batt dan insulasi kaku menggunakan selotip.

5. Servis Kondensor atau Kompresor Anda

Pasang kondensor atau unit jendela di sisi utara atau timur rumah Anda, atau buat sekat untuk menahan sinar matahari. Paparan sinar matahari langsung meminimalkan efisiensinya hingga 10%. Kompresor udara dan kondensor sistem AC sentral sering ditempatkan di luar rumah, di dekat pondasi. Ini bekerja paling baik dengan sekitar 24 inci ruang terbuka ke segala arah, jadi bersihkan semak tetangga, rumput tebal, dedaunan, atau cabang yang menggantung.

6. Jaga AC Anda Agar Tetap Dingin

Jauhkan kerai atau tirai sepanjang hari untuk memperpanjang umur sistem AC Anda; Anda juga dapat menambahkan awning untuk melindungi jendela yang menghadap ke selatan dari sinar matahari langsung. Pertimbangkan untuk mengoperasikan AC bersama dengan kipas lantai atau langit-langit untuk sirkulasi udara dingin yang lebih baik.

7. Melakukan Perawatan AC Bulanan/Tahunan

Dealer yang memasang sistem AC Anda, atau yang Anda temukan secara lokal, harus memberi Anda rencana pembersihan tahunan yang mencakup lebih dari sekadar pembersihan filter. Jadwalkan pemeriksaan ini sebelum pendinginan dimulai, atau lakukan sekarang jika Anda belum melakukannya, dan sertakan tugas berikut:

  • Membersihkan dan memeriksa kumparan
  • Membersihkan atau mengganti filter
  • Menyesuaikan dan mengganti sabuk kipas
  • Pelumas motor dan bantalan
  • Membersihkan dan memeriksa blower dan kipas
  • Memeriksa kontrol dan keamanan
  • Memeriksa refrigeran dan tekanan
  • Memverifikasi suhu operasi.

8. Mendapatkan Aliran Udara

Ketika terlalu banyak pintu interior yang tertutup, sistem AC sentral menjadi tidak seimbang, mengakibatkan berkurangnya aliran udara ke seluruh rumah. Jika Anda menginginkan privasi, biarkan pintu sedikit terbuka.

9. Meningkatkan Efisiensi

Peraturan federal menuntut AC menjadi jauh lebih efisien daripada sepuluh tahun yang lalu. Untuk AC sentral, carilah rasio efisiensi energi musiman, atau SEER; untuk unit jendela, cari rasio efisiensi energi, atau EER. Aturan membutuhkan SEER 13 dan EER 8, tetapi perangkat dengan angka yang lebih tinggi akan lebih murah untuk dijalankan.

10. Periksa Saluran Pembuangan

Kelembaban berlebih dari kondensor harus dikeluarkan dari AC Anda. Perkembangan ganggang berpotensi menyumbat pipa pembuangan ini. Anda melakukan perawatan pencegahan dengan membilas garis dengan sedikit pemutih secara teratur. Satu cangkir umumnya cukup. Jika sebagian besar alga atau jamur menyumbat pipa, penyedot debu basah/kering sederhana seharusnya dapat menghilangkan penghalang tersebut.

11. Menjaga Kebersihan

Bersihkan sirip AC Anda menggunakan sikat berbulu halus. Mereka halus dan mudah dipelintir atau dihancurkan. Untuk mengaksesnya, Anda harus membuka dan melepas kotak logam di banyak perangkat. Angkat kotak dengan hati-hati agar sirip tidak terbentur dan konsultasikan dengan buku pegangan pemilik Anda untuk mendapatkan petunjuk.

Garis Akhir Mengenai Pemeliharaan AC

Service AC sangat penting untuk meningkatkan fungsi mesin AC Anda. Pemeliharaan mandiri penting untuk memastikan ventilasi dan drainase yang tepat. Thermostat terprogram memastikan bahwa perangkat tidak bekerja lebih lama dari yang diperlukan. Pemeliharaan profesional memastikan bahwa komponen listrik dan mekanik terus berfungsi dengan baik.

ALAMAT

Rukan CBD, Jl. Green Lake City
Boulevard No.58, Kec. Cipondoh,
Banten 15148

HUBUNGI KAMI

© 2022 Bonanza AC

whatsapp me