Simak Pengertian dan Tips Cara Ganti Freon AC Paling Mudah

Salah satu faktor penyebab yang menjadikan AC tidak terasa dingin yakni karena jumlah freon AC yang kurang atau bahkan habis. Sebagai solusinya, disini Anda bisa melakukan penggantian freon AC dengan cukup menerapkan tata cara ganti freon AC yang baik dan benar. Berkaitan dengan hal tersebut, bagi Anda yang mungkin saja penasaran mengenai apa itu freon AC dan ingin tahu bagaimana cara mengganti freon AC, maka bisa simak ulasannya di bawah ini.

Sekilas pengertian freon AC

Dalam melakukan perawatan AC, freon menjadi salah satu komponen AC yang penting untuk diperhatikan. Freon AC umumnya merupakan campuran zat yang nantinya akan masuk ke dalam pompa agar nantinya dapat membentuk sebuah sirkulasi pendingin. Komponen AC yang berbentuk cair inilah yang nantinya akan berubah menjadi gas dan kembali lagi. Umumnya komponen ini tidak hanya bisa Anda temukan di perangkat AC saja, namun juga bisa ditemukan di barang – barang elektronik lainnya seperti kulkas yang dapat menghasilkan udara dingin. 

Bagaimana cara ganti freon AC?

Mengenai tata cara penggantian freon AC, Anda bisa menyimak beberapa langkah mudah di bawah ini.

  • Siapkan alat dan bahan seperti manifold, flaring, kunci Inggris 10 & 12, kunci pas satu set, satu set obeng, tang ampere dan tabung freon yang sesuai dengan tipe AC.
  • Setelah semua alat dan bahan dipersiapkan, silahkan Anda hidupkan AC dan gunakan kunci Inggris untuk membuka penutup service valve pada pipa besar.
  • Hubungkan selang manifold warna biru pada service valve dan pasang selang manifold warna kuning ke tabung refrigerant. Posisi service valve berada di bagian kiri dan tabung refrigerant di bagian tengah manifold. 
  • Pastikan ketiga bagian tersebut dalam kondisi tertutup dan kemudian lakukan pemeriksaan dengan memeriksa tekanan freon. Pada freon R22 biasanya bertekanan 57,6 sampai dengan 84,1 plsg. Jika Anda tidak menemukan adanya tekanan, kemungkinan besar terjadi kebocoran pada AC sehingga perlu melakukan perbaikan AC dengan metode pengelasan.
  • Selanjutnya, pasang kembali selang manifold warna biru ke dalam pengisian freon dan selang warna kuning pada tabung freon. Lalu buka penutup keran napel ukuran 3/8 dan masukkan kunci L pada keran dan putar ke kanan untuk membukanya.
  • Anda tinggal hidupkan AC dan tunggu beberapa saat sampai unit indoor mengalirkan arus listrik ke unit outdoor. Apabila unit outdoor sudah menyala, Anda tinggal lepaskan selang warna biru dan nantinya akan muncul hembusan angin dalam selang tersebut.
  • Setelah angin berhenti, pasang kembali selang warna biru pada manifold dan putar ke arah kiri. Kemudian tinggal isikan freon dengan memutar keran freon warna biru ke kiri. 
  • Dalam pengisian freon, Anda bisa lihat bagian indikator untuk tahu kadar freon yang sudah dimasukkan dan lakukan pengisian secara perlahan agar tidak menimbulkan kerusakan.
  • Jika pipa instalasi ukuran 3/8 berembun atau basah, maka menandakan jika freon yang baru diisi sudah sesuai dengan kadarnya.
  • Anda tinggal menutup kembali keran pada tabung freon dan lepaskan selangnya secara perlahan.
  • Kemudian lakukan pemeriksaan dengan ampere meter untuk mengetahui arus dan tekanan listrik pada AC.
  • Dan terakhir, tinggal buka dan lepaskan selang manifold pada AC dan tutup service valve dengan benar.

Itulah tadi informasi seputar cara ganti freon AC yang tepat untuk Anda pahami. Apabila Anda merasa kesulitan dalam melakukan penggantian freon AC, maka bisa menghubungi pihak jasa service AC terpercaya di pasaran.

ALAMAT

Rukan CBD, Jl. Green Lake City
Boulevard No.58, Kec. Cipondoh,
Banten 15148

HUBUNGI KAMI

© 2022 Bonanza AC

whatsapp me