Langkah-langkah Membersihkan AC Tanpa Memanggil Jasa Perawatan AC

Saat udara terasa panas, biasanya kita akan menyalakan sebuah AC. AC seakan menjadi salah perangkat elektronik penting untuk dimiliki, setidaknya di rumah maupun perkantoran. Namun, terkadang AC bisa menjadi masalah ketika tidak dapat mendinginkan ruangan lagi. Hal ini terjadi karena AC mungkin kotor, sehingga kita akan memanggil jasa perawatan AC.

Jasa perawatan AC sering dipanggil ketika terjadi masalah pada AC kita. Namun, biayanya terkadang membuat kita lebih memilih untuk berhemat. Oleh karena itu, simak beberapa langkah membersihkan AC tanpa perlu memanggil jasa perawatan AC:

1. Siapkan Peralatan

Siapkan beberapa alat yang dibutuhkan untuk membersihkan AC, seperti sikat kecil, kain lap, pembersih AC, dan obeng kecil. Pastikan semua alat yang akan digunakan dalam kondisi bersih dan siap pakai.

2. Matikan AC

Pastikan AC yang ingin dibersihkan sudah dalam keadaan mati sebelum membersihkannya. Hal ini penting untuk mencegah terjadinya kecelakaan saat membersihkan AC, atau bahkan bisa menyebabkan kerusakan pada AC.

3. Bersihkan Bagian Luar AC

Setelah mematikan AC, bersihkan bagian luar AC. Gunakan kain lap untuk membersihkan bagian luar AC, serta pastikan untuk membersihkan bagian yang kotor atau berdebu. Biasanya, bagian ini menjadi sumber masalah jika Anda abaikan.

4. Bersihkan Bagian Filter

Filter AC merupakan komponen yang berfungsi menyaring udara kotor agar udara yang dikeluarkan AC menjadi bersih. Bagian filter AC bisa menjadi sumber malah karena ketika filter kotor, maka AC tidak bisa mendinginkan udara dengan maksimal.

Untuk membersihkan filter AC, Anda perlu membuka cover AC dan mencabut filternya. Setelah filter terlepas, bersihkan dengan air sabun dan sikat kecil. Jangan lupa untuk membilas filter dengan air bersih dan biarkan kering sebelum dipasang kembali.

5. Membersihkan Kondensor

Kondensor merupakan bagian AC yang berfungsi untuk mendinginkan udara. Bagian ini rentan terkena kotoran atau debu yang bisa mempengaruhi kinerjanya.

Untuk membersihkan kondensor, Anda perlu membuka cover AC terlebih dahulu. Bersihkan kondensor dengan kain lap atau sikat kecil, pastikan kondensor benar-benar bersih dan tidak terdapat kotoran yang menempel.

6. Membersihkan Evaporator

Evaporator merupakan bagian di dalam AC yang menjadi sumber pendinginan udara. Untuk membersihkannya, Anda perlu membuka cover AC dan mencari evaporator. Setelah ditemukan, bersihkan evaporator dengan pembersih AC dan sikat kecil.

7. Pasang Kembali Semua Bagian

Setelah Anda selesai membersihkan semua bagian AC, pasang kembali semua bagian seperti semula. Pastikan semua bagian terpasang dengan benar dan rapat. Jangan lupa untuk memeriksa kondisi kabel dan baut sebelum menyalakan AC.Memang membersihkan AC sendiri merupakan hal yang cukup melelahkan. Namun jika Anda terbiasa melakukan perawatan air conditioner, maka Anda tidak perlu memanggil jasa perawatan AC sesering sebelumnya.

ALAMAT

Rukan CBD, Jl. Green Lake City
Boulevard No.58, Kec. Cipondoh,
Banten 15148

HUBUNGI KAMI

© 2022 Bonanza AC

whatsapp me