Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Akan Ganti Freon

Para pengguna dari ac pastinya perlu untuk mengetahui beberapa hal yang berkaitan dengan ac itu sendiri yaitu termasuk juga dengan bagaimana cara ganti freon dengan baik dan tepat untuk bisa ac digunakan sesuai dengan kebutuhan yang dimiliki.

Apalagi saat freon pada ac sudah habis dan segera diganti karena kondisi hal ini akan memberikan pengaruh terhadap aliran udara dingin yang diberikan ke ruangan dan tanpa adanya freon ini maka tidak akan membuat ruangan menjadi lebih dingin.

Oleh karena itu, perlu untuk mengetahui beberapa hal yang penting untuk diperhatikan saat akan mengganti freon seperti yang akan diberikan pada artikel di bawah ini.

Mengetahui Jenis Freon yang Tepat untuk AC

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk perawatan air conditioner dengan tepat yaitu tentunya berkaitan dengan freon yang digunakan pada ac yang dipasang di ruangan. Sebelum waktunya untuk mengganti freon tersebut, maka perlu untuk mengecek terlebih dahulu terkait dengan jenis freon yang diperlukan dan bisa ditemukan di pasaran dengan mudah karena freon ini nantinya akan menentukan keberlangsungan dan kualitas dari AC itu sendiri. Beberapa jenis dari freon ac yang bisa untuk digunakan yaitu seperti R32 dan masih banyak lagi yang lainnya tinggal disesuaikan dengan jenis dan kebutuhan ac yang dimiliki di dalam ruangan.

Mengetahui Banyak Takaran dari Freon yang Perlu Dimasukkan ke AC

Hal kedua yang penting untuk diketahui sebelum pada akhirnya ganti freon yaitu dengan mengetahui terlebih dahulu berapa banyak takaran dari freon yang perlu untuk diberikan dan dimasukkan ke dalam ac itu tadi. Hal ini sebenarnya masih bersangkutan dan berkaitan pula dengan kemampuan yang dimiliki atas alat ukur sehingga bisa mengetahui tekanan dari freon yang ada dalam ac tersebut. Perlu pula untuk diketahui alat itu dinamakan sebagai manifold dan sebenarnya cara untuk bisa membaca  tekanan ini tidak cukup sulit untuk dilakukan dan membantu mengetahui takaran dari freon yang diperlukan itu tadi.

Menyiapkan Alat dan Bahan untuk Penggantian Freon

Selanjutnya yang perlu untuk diketahui sebelum ganti freon yaitu dengan mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan sebelum melakukannya.

Berikut ini merupakan beberapa alat dan bahan yang perlu untuk disiapkan dalam mengganti freon itu diantaranya:

  1. Manifold yang merupakan alat untuk membantu mengetahui berapa besar tekanan dari freon yang dibutuhkan.
  2. Tang ampere atau juga disebut sebagai clamp meter untuk mengetahui banyaknya freon yang dibutuhkan.
  3. Kunci inggris yang ukurannya 10 sampai 12 ini dan kunci pas sebanyak satu set.
  4. Flaring untuk melebarkan pipa diameter yang digunakan.
  5. Tabung freon atau refrigerant ac.
  6. Obeng set atau disebut screwdriver.

ALAMAT

Rukan CBD, Jl. Green Lake City
Boulevard No.58, Kec. Cipondoh,
Banten 15148

HUBUNGI KAMI

© 2022 Bonanza AC

whatsapp me