Inilah Prosedur Perawatan AC Split Agar Awet Maksimal

Perawatan AC split harus dilakukan agar usia AC lebih tahan lama. Anda bisa melakukan perawatan secara rutin untuk memperpanjang usia pakai, menghindari kerusakan, dan memaksimalkan kinerja AC split yang Anda miliki. Perawatan AC secara rutin juga membuat konsumsi daya listrik bisa sesuai standar dan menghindari kerusakan yang jauh lebih parah. Inilah beberapa tahapan untuk melakukan perawatan AC Split yang Anda miliki di rumah atau kantor. 

1. Pengecekan Awal

Langkah pertama agar AC split awet maksimal adalah dengan melakukan pengecekan awal. Anda dapat menerapkan langkah – langkah mudah seperti berikut. Pertama-tama, nyalakan AC dan tunggulah sampai 15 menit. Setelah AC menyala selama 15 menit, maka Anda bisa segera melakukan pengecekan. Anda bisa mengecek temperatur udara yang masuk dan keluar, kuat arus kompresor, tekanan refrigerant, putaran kipas, dan putaran blower. Kemudian Anda bisa membuat catatan terkait hasil pengecekan tersebut. Ini bisa menjadi pedoman untuk jasa service memperbaiki AC split Anda. Catatan itu bisa dipakai untuk membandingkan kondisi Ac split sebelum dan setelah perbaikan. Lalu, matikan AC setelah Anda melakukan pengecekan. 

2. Pembersihan

Langkah kedua untuk perawatan AC split adalah dengan melakukan persiapan pembersihan. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan seperti mempersiapkan alat servis atau mencari jasa service AC. Anda bisa memindahkan barang yang menghalangi proses service AC ke tempat yang lebih aman. Hal ini berguna agar barang tersebut tidak rusak atau kotor saat proses service berlangsung. Lalu, bukalah casing dan juga filter AC. Tempatkan keduanya di tempat yang aman. Lalu, tutuplah bagian indoor AC dengan memakai plastic pelindung dan pakailah ember untuk menampung air AC. Lalu, Anda bisa segera membersihkan AC split ini. Pastikan semua bagian yang penting terlindungi dengan aman. 

3. Pembersihan Bagian Luar AC Split

Setelah Anda membersihkan bagian dalam AC split, saatnya Anda membersihkan bagian luar AC split. Pastikan bahwa tak ada air yang kena bagian kelistrikan AC. Anda bisa membuka kipas outdoor Ac dan membersihkannya dengan mesin steam. Lalu, jangan lupa untuk mencuci bagian casing outdoor AC. Lakukan pencucian beberapa kali sampai AC benar-benar bersih. Setelah itu, tutuplah kembali AC tersebut dan bersihkan bagian outdoor dengan memakai lap. 

4. Pengecekan Tahap Akhir

Langkah terakhir adalah pengecekan. Anda bisa mengecek kondisi beberapa komponen AC split yang penting seperti terminal, pemutus arus, dan soket dengan memakai tespen. Lalu, jangan lupa cek baut dan mur yang sudah dipasang. Pastikan semuanya sudah terpasang dengan baik. Lalu jangan lupa cek kinerja AC tersebut apakah sudah berfungsi secara baik atau belum. Perawatan AC split ini bisa dilakukan sendiri di rumah dengan berhati-hati agar tidak ganti freon ac.

ALAMAT

Rukan CBD, Jl. Green Lake City
Boulevard No.58, Kec. Cipondoh,
Banten 15148

HUBUNGI KAMI

© 2022 Bonanza AC

whatsapp me