Rincian Biaya Ganti Kompresor AC Rumah

AC (Air Conditioner) adalah salah satu peralatan elektronik rumah yang semakin digemari dan dipasang di rumah. Peralatan ini untuk mendinginkan ruangan di dalam rumah. Seperti barang elektronik lainnya, AC ini juga rentan rusak dan mengalami masalah. Dibandingkan membeli baru lagi, sebaiknya Anda segera mengganti dan memperbaiki AC rumah Anda. Terkadang biaya ganti kompresor AC rumah lebih murah daripada membeli baru lagi. Tentu saja ini menjadi alternatif yang baik bagi banyak orang. 

AC Berperan Penting Untuk Mendinginkan Suhu Rumah

AC atau pendingin ruangan adalah alat elektronik yang dibutuhkan untuk mendinginkan ruangan. Ini adalah solusi jitu untuk mengatasi hawa panas saat ini. Pemakaian pendingin ruangan ini berpengaruh pada kesehatan setiap orang. Pilihlah AC yang memiliki kualitas baik agar lebih awet dan mampu menghembuskan angin dingin yang sehat. Permasalahan AC biasanya meliputi kompresor yang bermasalah dan freon yang turun. Anda bisa segera ganti freon AC saat hembusan angin mulai dingin. Sementara itu, masalah kompresor bisa diatasi dengan mendatangkan jasa service AC untuk mengecek kondisi terkini dari kompresor tersebut. 

Macam-Macam Kerusakan AC

Ada beberapa macam kerusakan yang dihadapi oleh AC seperti dibawah ini;

1. AC tak segera menyala

Permasalahan ini disebabkan pada kerusakan remote dan koneksi power. Anda bisa memeriksa tombol power AC dan kontak bila mengalami gangguan ini. Jika Anda tak mendeteksi gangguan tersebut, maka Anda bisa memanggil teknisi AC. 

2. Keluar Es Berukuran Kecil

Hal lainnya adalah munculnya es-es berukuran kecil dari dalam AC. Permasalahan ini disebabkan evaporator sudah sangat kotor dan gas freon berkurang. 

3. AC Tak Bisa Dioperasikan

Bila AC tak bisa dioperasikan dengan remote, maka ada penyebab yang terjadi yaitu akibat kerusakan pada sensor AC dan remote controller. 

4. AC Kurang Dingin

Ini adalah permasalahan yang sering terjadi. Walaupun AC sudah nyala, tapi hembusan angin kurang dingin. Ini bisa disebabkan oleh masalah freon yang bocor ataupun kompresor bermasalah. 

5. AC Sangat Berisik

Saat AC dinyalakan, terdengar berisik. Ini juga merupakan masalah yang harus dihindari dengan melakukan pengecekan terhadap komponen AC. 

Biaya Service Kompresor AC

Biaya service AC bermacam-macam tergantung jasa service yang dipilih. Sebaiknya Anda memilih jasa service AC yang terpercaya sehingga bisa mendapatkan service AC berkualitas baik. Biaya service ini biasanya tergantung komponen yang rusak sehingga budgetnya juga berbeda-beda.

Bila Anda Cuma ingin membersihkan AC, tarifnya sangat murah dibawah Rp. 100.000,-. Sementara bila ingin mengganti freon AC, maka Anda harus menyiapkan uang minimal Rp. 250.000,-. Untuk mengganti kompresor AC ini, maka Anda harus menyiapkan dana besar yaitu minimal Rp. 1.000.000,- per unit. Harga ini tergantung kondisi pasaran saat ini. Biaya ganti Kompresor AC rumah memang cukup tinggi terlebih bila Anda harus melakukan penggantian komponen. 

ALAMAT

Rukan CBD, Jl. Green Lake City
Boulevard No.58, Kec. Cipondoh,
Banten 15148

HUBUNGI KAMI

© 2022 Bonanza AC

whatsapp me