Penyebab AC Baru Tapi Tidak Dingin dan Solusinya

AC atau Air Conditioner adalah alat pendingin ruangan yang sudah digunakan oleh banyak orang apalagi di sejumlah rumah. Rumah yang di dalamnya terdapat AC sendiri bisa membuat semua yang ada di dalam rumah tersebut merasa nyaman apalagi Ketika suhu udara atau suhu ruangan yang sangat panas. Namun, adalah orang-orang yang membeli AC baru tapi tidak dingin?

Apa Penyebab AC Tidak Dingin?

AC sendiri menjadi salah satu mesin yang harus dilakukan perawatan dengan maksimal. Sebab, AC yang tidak dirawat dengan maksimal maka akan membuat AC justru terasa panas. Sama dengan beberapa benda yang menggunakan seperti mobil dan lainnya, AC juga bisa mengalami kendala apalagi tidak bisa menghasilkan udara dingin secara maksimal. Untuk beberapa penyebab AC baru tapi tidak dingin adalah:

Pendingin yang Kotor

Penyebab AC yang tidak dingin diakibatkan karena pendingin yang kotor bahkan jarang dilakukan pembersihan. Anda wajib untuk memeriksa filter maupun penyaring kotoran yang ada di dalam AC. Jika sudah penuh dengan debu, maka Anda disarankan menyaring menggunakan filter yang baru.

Gas Pendingin yang Kurang

Selama membeli AC, maka Anda harus mengecek gas freon maupun gas Puron. Sebab, jika gas pendingin di dalam ACnya kurang, maka kemampuan AC untuk mendinginkan suhu ruangan akan berkurang. Anda harus mengetahui kapasitas dari gas dengan jenis AC yang digunakan. 

Adanya Kebocoran Gas Pendingin

Selama mengecek AC yang digunakan, Anda juga wajib untuk melihat pada gas pendinginnya. Apakah pada gas pendinginnya terjadi kebocoran atau tidak. Sebab, jika ada kebocoran pada gas pendinginnya maka membuat AC tidak akan berfungsi dengan maksimal. 

Suhu Rumah yang Panas

Udara yang terlalu panas juga bisa membuat AC di dalam ruangan yang tidak terasa dingin. Biasanya, beberapa rumah yang tinggal di tempat tertentu seperti di daerah pantai. Bagaimana solusinya? Tentunya Anda bisa memasang agar unit luar AC diapsang di tempat yang teduh bahkan tidak terkena matahari secara langsung agar tidak membuat suhu ruangan terasa lebih panas. 

Solusi Agar AC Tetap Dingin

Tentunya agar menghindari AC baru tapi tidak dingin, maka Anda harus melakukan perawatan secara maksimal. Apabila bisa membersihkannya, maka Anda harus rutin membersihkannya apalagi jika AC tersebut digunakan setiap hari. Sebab, akan banyak debu dan kotoran yang menempel pada filter AC tersebut yang membuat AC bahkan tidak dingin secara maksimal.

Jika Anda tidak bisa membersihkannya secara mandiri, maka Anda bisa mencari beberapa jasa bongkar pasang ac yang saat ini sudah banyak ditemukan. Anda hanya perlu untuk menemukan salah satu jasa terpercaya yang sudah berpengalaman agar AC bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama pastinya. 

ALAMAT

Rukan CBD, Jl. Green Lake City
Boulevard No.58, Kec. Cipondoh,
Banten 15148

HUBUNGI KAMI

© 2022 Bonanza AC

whatsapp me