Berapa Harga Ganti Freon AC ?

Salah satu senyawa yang berperan penting dalam sistem AC adalah Freon. Freon atau zat pendingin adalah senyawa kimia atau gas yang biasa digunakan sebagai cairan penyerap beban di AC dan tempat lain yang menginginkan suhu lebih dingin. Namun jika rusak, berapa harga ganti freon AC?

Pentingnya AC

Ventilasi adalah pertukaran udara antara bagian dalam dan luar bangunan. Ventilasi meliputi ventilasi alami (tidak menggunakan mesin), ventilasi buatan (menggunakan mesin seperti AC), dan ventilasi semi buatan.

Di antara sekian banyak jenis ventilasi, Anda perlu mengenal AC. Saat ini, memasang AC di rumah, kantor, bahkan mobil sebenarnya menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi sebagian orang. 

Pengkondisian udara dapat dikatakan sebagai suatu sistem atau mesin yang dirancang untuk menstabilkan suhu dan kelembapan udara di suatu wilayah (digunakan untuk pendinginan atau pemanasan tergantung sifat-sifat udara pada waktu tertentu).

Freon Zat Penting pada AC

Freon tidak berwarna dan tidak berbau karena terkandung dalam senyawa dan gas.

Meskipun tidak berwarna dan tidak berbau, kami sangat menyarankan untuk menggunakan freon yang aman. CFC ini sebenarnya tidak menimbulkan bahaya lingkungan yang signifikan kecuali dilepaskan ke udara atau bocor dari lokasi pemasangan AC. 

Namun ketika AC bocor dan Freon terlepas ke udara, maka akan menjadi racun yang berbahaya bagi tubuh manusia jika terhirup. 

Jenis Freon pada AC

Di bawah ini adalah beberapa jenis Freon yang biasa digunakan pada instalasi AC.

1. Freon R22

Freon jenis ini memiliki potensi pemanasan penipisan lapisan ozon sebesar 0,05 dibandingkan jenis freon lainnya sebesar 0,05.

2. Freon R410A

Freon tipe R410A, tidak seperti Freon tipe R22, tidak memiliki kemampuan untuk menipiskan lapisan ozon, tetapi dalam hal potensi pemanasan global, ia memiliki nilai yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan Freon Tipe R22.

3. Freon R32

Ditemukan oleh perusahaan Jepang Daikin pada tahun 2012, dan sejak tahun 2013 telah digunakan pada saluran AC. Dibandingkan dengan Freon R410A dan R22.

Bahaya Freon

Karena berbentuk cair yang menguap dan mendinginkan ruangan, pasti freon akan mengalir. Kebocoran yang biasanya terjadi pada selang atau tabung yang menghubungkan banyak komponen AC menyebabkan kekurangan freon. 

Jadi idealnya, kecuali terjadi kebocoran pada sistem AC yang menyebabkan sistem AC tidak dingin atau kehabisan freon, tidak perlu mengganti atau menambah freon. Sebaliknya, jika Anda mengalami masalah AC seperti kompresor mampet, filter mampet, atau komponen AC yang rusak, Anda perlu mengganti atau menambah freon. Pengisian freon tidak lama, sekitar 30 menit.

Ganti Freon AC Harga

Kami telah menghimpun informasi harga ganti Freon AC dari berbagai sumber, termasuk penyedia jasa isi ulang AC Freon dan jasa bongkar pasang ac.

Telah dicatat bahwa biaya pengisian AC Freon kini telah meningkat dibandingkan dengan penawaran sebelumnya. Misalnya, harga ganti freon AC R22 0,5 PK hingga 1 PK pada awalnya adalah Rp250.000 dan sekarang berkisar dari Rp275.000 menjadi Rp. 310.000.

ALAMAT

Rukan CBD, Jl. Green Lake City
Boulevard No.58, Kec. Cipondoh,
Banten 15148

HUBUNGI KAMI

© 2022 Bonanza AC

whatsapp me