Cara Melakukan Perawatan AC Agar Tidak Mudah Rusak

Perawatan AC yang kurang optimal dapat membuat performa AC menurun dan tidak lagi akan terasa sejuk. Bisa dipastikan jika AC yang tidak sejuk lagi dikarenakan ada bagian unit AC yang kotor. Tidak hanya membuat performanya menurun, AC yang kotor juga dapat membuat konsumsi listriknya meningkat hingga 30%. 

Oleh sebab itu, biasakan untuk merawat AC dengan menggunakan jasa maintenance AC atau secara mandiri. Lalu, perawatan seperti apa yang harus dilakukan agar AC senantiasa tetap sejuk? Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang akan kita berikan.

Cara Merawat AC yang Baik dan Benar

Agar nantinya AC di rumah Anda tidak cepat rusak, dan tetap awet sepanjang waktu, berikut ini cara untuk melakukan perawatan AC tersebut:

 

1. Merawat AC Secara Rutin

Supaya AC bisa tetap awet lebih lama, maka akan membutuhkan perawatan yang rutin. Bukan hanya saat ada masalah saja baru menggunakan layanan service AC. Untuk melakukan pemeliharaan dan juga perawatan AC tersebut, akan jauh lebih efektif bila dilakukan oleh ahlinya.

Anda nantinya bisa memanggil tukang AC panggilan yang bisa menangani bukan hanya masalah filter saja, tetapi juga dalam perawatan dan pembersihan AC secara keseluruhan. Bahkan bila rumah Anda memakai AC split, mesin indoor maupun outdoor-nya juga harus tetap dibersihkan.

Idealnya, bila Anda ingin memanggil jasa service ac di bsd ini harus dilakukan minimal 3 bulan sekali. Dengan menggunakan cara ini maka kebersihan dan juga kinerja AC yang ada di rumah Anda bisa tetap terpantau dengan baik.

2. Jangan Merokok dalam Ruangan Ber-AC

Jangan pernah merokok di dalam ruangan yang menggunakan AC. Bukan hanya karena udara akan menjadi bau rokok, tetapi juga karena asap rokok ini dapat menjadi pemicu kerusakan pada AC. Asap rokok bisa membuat bagian dalam Ac lebih mudah kotor.

Bukan hanya body AC indoor-nya juga akan lebih kelihatan kotor. Nikotin yang berasal dari asap rokok bisa mengendap pada bagian evaporator. Hal ini yang akan membuat udara yang keluar dari AC justru membuat ruangan lebih pengap dan udara kurang dingin.

3. Rutin Membersihkan Filter AC

Bila Anda sudah merasakan udara yang keluar dari AC tidak sedingin biasanya, ini bisa menjadi sebuah tanda jika AC di rumah Anda sudah kotor. Hal ini umumnya bisa terjadi karena masalah filter AC yang kotor. Agar bisa mengatasinya Anda dapat membersihkan bagian filter AC tersebut dengan memanggil jasa service ac pantai indah kapuk.

Saat Anda akan membersihkannya sendiri, Anda hanya harus membuka bagian filternya. Bagian filter ini dirancang agar bisa dilepas dan dipasang dengan mudah. Anda bisa mencuci bersih dengan menggunakan air bersih dan sikat gigi bekas. 

Namun bila terlalu kotor, lebih baik lakukan pergantian dengan yang baru, pastinya yang sesuai dengan model AC Anda. Jika khawatir Anda justru merusaknya, lebih baik Anda memanggil service daikin AC. Filter yang kotor akan menghalangi aliran udara. 

Baik itu untuk udara yang masuk atau udara yang keluar dari dalam AC tersebut. Jika hal ini Anda biarkan terus menerus, AC yang ada di rumah Anda akan mudah untuk mengalami kerusakan.

4. Cek Selalu Tekanan Freon

Freon ini adalah sebuah bahan yang akan digunakan untuk bisa membuat udara menjadi lebih dingin. Jika udara yang keluar dari AC tidak terasa dingin, ada kemungkinan AC tersebut mengalami kebocoran freon, yang indikasinya adalah penurunan tekanan freon.

Agar AC Anda tetap bekerja dengan baik, periksa dengan rutin tekanan pada freon. Misalnya saja lakukan setiap 6 bulan sekali dan dilakukan oleh orang yang memang sudah ahlinya. Sebab bila nanti terdeteksi kebocoran, bisa segera dilakukan penambahan tekanan freon atau bisa juga dengan cara ganti freon AC.

5. Manfaatkan Fitur Timer

AC pada zaman sekarang sudah banyak yang dibekali dengan fitur timer. Agar nantinya bisa lebih efektif, Anda dapat menggunakan fitur tersebut. Misalnya dengan cara mengeset waktu ketika AC bekerja. 

Bisa diset dari jam berapa sampai dengan jam berapa nantinya. Selain agar nantinya bisa lebih efektif, hemat listrik dan juga menghindari kejadian lupa untuk mematikan AC ketika sedang tidak dibutuhkan.

Hal – Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Memilih Jasa Service AC

Pentingnya ketika Anda akan memilih jasa service ac apartemen untuk bisa mendapatkan perawatan yang optimal dan juga biaya perawatan AC sesuai dengan budget. Berikut ini ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat akan memilih jasa tersebut.

1. Mempunyai teknisi yang profesional

Pilihlah layanan dari jasa service yang memang sudah mempunyai teknisi AC yang profesional. Hal tersebut nantinya dapat dilihat dari sertifikat maupun pelatihan yang sudah diikuti oleh para teknisi tersebut.

2. Reputasi yang baik

Carilah jasa service AC yang dikenal oleh banyak orang dengan reputasi baiknya. Anda nantinya bisa mencari referensi melalui teman maupun internet. Cek banyaknya testimoni serta kesan pelanggan yang positif dari jasa layanan yang diberikannya.

3. Kualitas dari pelayanannya

Kualitas pelayanan ini sangat penting untuk selalu diperhatikan seperti hasil dalam pengerjaan, ketepatan waktu, solusi yang nantinya akan diberikan kepada konsumen dan keramahan yang  patut diperhatikan supaya bisa mendapatkan jasa service yang lebih optimal.

4. Memiliki situs website

Pada zaman sekarang dengan memiliki situs (website) untuk perusahaan sangat penting. Hal ini nantinya bisa menjadi bukti bahwa perusahaan tersebut ada dan bukan hanya sekedar tipu-tipu untuk mendapatkan uang saja.

Oleh sebab itu, sebaiknya carilah jasa perawatan AC yang memang sudah memiliki situs supaya mudah untuk melihat apa saja yang nantinya akan ditawarkan oleh layanan jasa tersebut kepada para pelanggannya.

5. Sudah berpengalaman

Penyedia jasa service yang sudah benar-benar memiliki pengalaman nantinya bisa lebih cepat untuk menangani segala keluhan yang diberikan oleh para pelanggan karena mereka sudah pasti sering menemukan berbagai masalah yang sama sebelumnya. Selain itu, pekerjaan yang dilakukan bisa selesai dengan lebih optimal.

6. Mudah untuk Dihubungi

Carilah layanan jasa service AC yang mudah untuk Anda hubungi baik melalui telepon, nomor hp, email dan juga yang lainya. Mudahnya untuk bisa menjalin komunikasi ini nantinya akan mempermudah dalam pelayanan.

7. Harga yang ditawarkan

Pilihlah jasa service AC yang sesuai dengan budget yang Anda miliki. Sebagai saran, jangan Anda memilih jasa service AC yang hanya dilihat dari murahnya biaya yang mereka tawarkan d. Belum tentu nantinya dengan harga murah tersebut mereka akan mempunyai kualitas yang baik.

8. Lebih komunikatif

Penyedia jasa service AC yang lebih komunikatif ini jauh lebih baik karena mereka akan bisa memberikan solusi atau saran dengan berbagai pertanyaan yang diajukan serta untuk setiap keluhan yang para pelanggannya ajukan.

ALAMAT

Rukan CBD, Jl. Green Lake City
Boulevard No.58, Kec. Cipondoh,
Banten 15148

HUBUNGI KAMI

© 2022 Bonanza AC

whatsapp me