Tarif Bongkar Pasang AC Rumah

AC adalah barang elektronik yang didesain secara dinamis untuk mendinginkan suhu ruangan. Beberapa AC juga bisa melembabkan udara di dalam ruangan berdasarkan sifat udara pada kondisi tertentu. Sama seperti barang elektronik lainnya, AC juga bisa mengalami kerusakan dan membutuhkan perawatan. Perbaikan dan perawatan AC umumnya melibatkan proses pembongkaran dan pemasangan kembali. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas tarif bongkar pasang AC yang biasanya ada dalam proses perawatan air conditioner.

Biaya Bongkar dan Pasang AC

Berikut adalah biaya yang dikeluarkan untuk bongkar dan pasang AC rumah.

  • Bongkar AC (1/2 – 1PK): Rp. 225.000 per unit.
  • Pasang AC (1/2 – 1PK): Rp. 300,000 per unit.
  • Bongkar pasang AC (1/2 – 1PK): Rp. 325,000 per unit.
  • Bongkar pasang AC (1,5 – 2PK): Rp. 400,000 per unit.

Perlu diketahui bahwa tarif bongkar pasang AC yang disebutkan di atas bisa mengalami perubahan, tergantung pada beberapa faktor. Seperti parah atau tidaknya kerusakan yang terjadi pada AC, serta layanan yang diberikan. Selain itu, setiap pihak jasa servis AC mungkin akan memasang tarif yang berbeda satu sama lain.

Kerusakan Umum Pada AC

Ada beberapa kerusakan yang umum terjadi pada AC. Yang pertama adalah munculnya bunga es berukuran kecil. Penyebab utama kerusakan ini adalah evaporator yang sudah kotor sehingga harus segera dibersihkan. Munculnya butiran bunga es juga bisa menjadi tanda bahwa AC kekurangan freon atau adanya masalah pada pipa kecil.

Untuk memastikan penyebabnya, ada baiknya Anda memanggil jasa pihak servis AC untuk mengetahui dengan pasti. Kerusakan umum selanjutnya pada AC adalah unit tidak mengeluarkan udara dingin, hanya mengeluarkan angin saja. AC tetap tidak bisa mendinginkan ruangan walaupun Anda sudah mengaturnya pada temperatur rendah.

Hal ini biasanya disebabkan oleh adanya kebocoran freon AC. Dan freon bocor biasanya berasal dari sambungan pipa yang kendur. Kebocoran freon AC tidak bisa dianggap remeh karena bisa menimbulkan masalah kesehatan, seperti masalah pada sistem pernapasan, iritasi mata dan kulit, dan bahkan keracunan.

Kebocoran freon AC perlu ditangani oleh ahlinya karena melibatkan pembongkaran unit AC. Kerusakan umum selanjutnya adalah AC tidak menyala dengan cepat. Hal ini biasanya disebabkan adanya masalah pada koneksi power AC. Selain koneksi power, Anda juga perlu memeriksa remote control AC. Dan pastikan lampu indikator pada AC menyala karena hal ini membuktikan sensornya sudah terdeteksi satu sama lain.

Ada banyak pihak jasa servis AC yang tersedia, pastikan Anda memilih secara hati-hati. Jangan tertipu dengan tarif yang murah karena bisa saja kualitasnya kurang memuaskan. Itu tadi adalah beberapa kerusakan umum yang terjadi pada AC serta tarif bongkar pasang AC.

ALAMAT

Rukan CBD, Jl. Green Lake City
Boulevard No.58, Kec. Cipondoh,
Banten 15148

HUBUNGI KAMI

© 2022 Bonanza AC

whatsapp me