Pentingnya Melakukan Perawatan Air Conditioner Secara Rutin Menggunakan Jasa Service AC

Melakukan perawatan air conditioner  atau AC terkadang disepelekan oleh sebagian orang. Padahal sebagai peralatan elektronik yang berfungsi sebagai pendingin ruangan, setiap komponen pada AC harus dirawat secara rutin agar bisa bekerja secara optimal. 

AC yang tidak pernah dibersihkan biasanya akan menimbulkan berbagai macam masalah bahkan hingga menyebabkan kerusakan. Jika sudah begitu, Anda tentu harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk menggantinya dengan AC baru. Oleh karena itu penting melakukan perawatan AC, baik dilakukan secara mandiri maupun dengan menggunakan jasa perawatan AC terdekat.

Nah, sebelum mengetahui sederet manfaat melakukan perawatan AC secara teratur, sebaiknya Anda kenali terlebih dahulu beberapa macam masalah umum pada AC lewat ulasan berikut ini.

Macam-macam Masalah Pada AC

Terdapat sejumlah masalah yang sering terjadi pada AC diantaranya:

1. AC Mengeluarkan Tetesan Air

Masalah umum pada AC yang pertama adalah keluarnya tetesan air dari dalam AC. Tetesan ar tersebut merupakan efek dari proses pengembunan atau yang lebih dikenal dengan kondensasi. Kondensasi ini bisa terjadi akibat penggunaan AC yang terlalu berlebihan. 

2. AC Bocor

AC bocor yang dimaksud disini adalah kebocoran gas freon yang biasanya disebabkan  oleh sambungan pipa yang kendur. Untuk mengatasinya Anda perlu ganti freon sesegera mungkin. 

Selain membuat AC kurang dingin, gas freon yang bocor juga bisa berbahaya jika terhirup oleh manusia. Gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh gas freon diantaranya iritasi pada mata, lidah, tenggorokan, hidung dan lainnya. 

3. AC Mengeluarkan Bau Tidak Sedap

Masalah yang sering terjadi pada AC yang selanjutnya adalah timbulnya bau tidak sedap saat AC dinyalakan. Bau yang tidak sedap tersebut umumnya berasal dari bau makanan yang terbawa udara dan menempel pada evaporator atau dari bangkai binatang kecil yang menempel pada filter AC.

Apabila terdapat bangkai binatang kecil yang menempel di dalam AC dan Anda merasa kesulitan untuk mengeluarkannya, maka Anda bisa menggunakan jasa service AC yang terpercaya seperti tempat service AC muara karang

4. AC Mengeluarkan Suara Berisik

Masalah suara berisik ini bisa muncul karena adanya sentuhan antara bagian pipa dan cover AC yang mengeluarkan suara deritan. Oleh karenanya perlu dilakukan pengecekan oleh tenaga profesional agar suara deritan yang menganggu tersebut tidak terdengar lagi.

Tarif bongkar pasang ac untuk memeriksa komponen yang ada di dalamnya sangat bervariasi, tergantung jenis kerusakan dan  tingkat kesulitannya. 

5. Daya Listrik Turun Setelah AC Dihidupkan

Pernahkan tagihan listrik Anda membengkak meski merasa tidak menggunakan alat elektronik dengan daya besar? Bisa jadi penyebabnya adalah masalah pada AC Anda. Kinerja kompresor AC yang sudah tidak layak akan menyebabkan listrik turun setelah AC dihidupkan. Hal ini membuat konsumsi listrik akan melebihi kebutuhan daya listrik di rumah Anda.

Penanganannya adalah Anda harus membongkar AC dan mengganti kompresor tersebut dengan kompresor baru. Jika Anda tidak memiliki pengalaman membongkar AC, Anda bisa menggunakan jasa service AC profesional dengan biaya jasa bongkar pasang ac yang terjangkau. 

Manfaat Melakukan Perawatan AC

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, bahwa barang elektronik seperti AC membutuhkan perawatan agar bisa bekerja dengan baik. Lantas, apa saja manfaat melakukan perawatan  AC secara rutin? Berikut uraiannya.

1. Memperpanjang Usia AC

Melakukan perawatan AC dengan teratur memang mengharuskan Anda untuk mengalokasikan sejumlah dana setiap jangka waktu tertentu, namun semua itu sepadan dengan manfaat yang bisa Anda rasakan. Anda bisa mengetahui indikasi awal kerusakan pada AC sebelum kerusakan tersebut menjadi lebih parah.

AC yang dibersihkan dan dirawat dengan benar tentu akan memiliki usia yang panjang dan tidak mudah rusak

2. Meningkatkan Performa AC

AC yang sering digunakan pasti mengalami penurunan performa yang akan menyebabkan beragam masalah, salah satunya adalah adanya debu yang menumpuk. Akibatnya, komponen-komponen penting di dalam  AC tidak bisa bekerja dengan efektif.

Namun dengan melakukan perawatan air conditioner secara rutin, AC akan tetap memiliki performa yang optimal karena setiap komponen AC diperiksa dan dipastikan dalam keadaan normal. 

3. Memperlancar Sirkulasi Udara

Manfaat merawat AC yang selanjutnya adalah untuk memperlancar sirkulasi udara. AC dengan performa yang optimal tentu mampu menghisap udara di dalam ruangan dan mengembalikannya dalam kondisi bersih dari kuman maupun bakteri. Dengan begitu udara di dalam ruangan dapat disirkulasikan dengan baik.

Jadi, jika AC di rumah Anda mulai menunjukkan tanda-tanda kerusakan, Anda bisa menghubungi penyedia jasa service AC berpengalaman seperti tempat service ac lebak bulus

4. Meminimalisir Penyebaran Penyakit

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa hunian dengan sirkulasi udara yang baik akan meminimalisir berbagai macam jenis penularan penyakit. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), penyebaran infeksi kuman dan bakteri seringkali disebabkan oleh bangunan dengan sirkulasi udara yang buruk.

Menggunakan AC yang dirawat secara rutin tentu bisa meningkatkan kualitas udara di dalam rumah serta menghindarkan Anda dan keluarga dari berbagai macam penyakit. 

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Jasa Service AC

Setelah mengetahui beberapa manfaatnya, diharapkan Anda semakin menyadari pentingnya melakukan perawatan AC secara rutin. Untuk itu dibutuhkan jasa service AC yang kompeten agar setiap masalah yang muncul bisa diatasi dengan penanganan yang paling tepat

Saat ini telah banyak iklan jasa bongkar pasang ac biaya murah yang bisa dengan mudah Anda temukan di laman internet. Namun Anda tidak boleh sembarangan dalam memilih penyedia jasa service AC tersebut. Agar tidak salah pilih, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini sebelum memutuskan untuk menyewa jasa service AC.

1. Lokasi

Pilihlah jasa service AC yang lokasinya paling dekat dengan rumah Anda. Tujuannya untuk mempercepat waktu di perjalanan dan mengurangi biaya transport. 

2. Reputasi

Selanjutnya pastikan jasa service AC yang akan dipilih memiliki reputasi yang baik. Ciri-ciri jasa service AC yang memiliki reputasi baik diantaranya:

  • Memiliki situs resmi yang memuat dengan detail profil perusahaan, fasilitas layanan, hingga daftar harga bongkar pasang ac yang bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan.
  • Memiliki review atau testimoni yang positif dari para pelanggan yang telah menggunakan jasa service AC tersebut.

3. Bergaransi

Penyedia jasa service AC yang terpercaya umumnya akan memberikan layanan garansi pekerjaannya hingga jangka waktu tertentu. Jika AC kembali bermasalah, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk jasa perbaikan, kecuali jika ada kebutuhan ganti spare part. 

4. Komunikatif

Jasa copot ac yang profesional tentu tidak hanya mengandalkan kemampuan teknisinya dalam melakukan bongkar pasang perangkat AC, mereka juga harus bisa menjawab semua keluhan serta pertanyaan Anda ketika melakukan konsultasi awal. Bahkan mereka akan menjelaskan secara rinci berbagai macam masalah pada AC berikut dengan solusinya. Meski sering diabaikan, merawat AC dengan menggunakan penyedia jasa service AC terbaik ternyata memberikan banyak manfaat yang mungkin tidak pernah Anda duga sebelumnya. Mulai dari sekarang, cobalah untuk membuat jadwal perawatan air conditioner secara teratur agar komponen-komponen yang ada d dalam AC dapat berfungsi sebagaimana mestinya. 

ALAMAT

Rukan CBD, Jl. Green Lake City
Boulevard No.58, Kec. Cipondoh,
Banten 15148

HUBUNGI KAMI

© 2022 Bonanza AC

whatsapp me