Apakah Benar Biaya Ganti Kompresor AC Rumah Mahal?

Banyak orang merekomendasikan jika AC sudah rusak kompresor-nya lebih baik beli baru saja. Nasehat ini muncul karena kabar bahwa biaya biaya ganti kompresor AC rumah hampir sebanding dengan biaya beli AC baru. Apakah hal ini benar?

Informasi Harga Pasaran Ganti Kompresor Untuk AC Rumahan

Kerusakan pada kompresor adalah hal yang paling para dapat terjadi pada AC. Rusaknya parts ini dapat membuat AC sama sekali tidak dapat berfungsi. Karena hal ini, tidak aneh jika kompresor menjadi parts yang paling mahal untuk diganti pada AC.

Biaya ganti parts ini dapat berkisar antara 800 ribu Rupiah sampai 1,7 juta Rupiah tergantung dari jenis AC dan modelnya. Pada beberapa brand AC, parts kompresor bahkan harus pesan khusus, jadi biayanya bisa lebih mahal dari standar pasaran.

Biaya di atas tergolong sangat tinggi. Untuk kebutuhan ganti freon AC biayanya hanya beberapa ratus ribu Rupiah saja maksimal. Perbandingan keluar ratusan ribu dengan di atas satu juta ini pasti berat. Jadi banyak orang sangat takut jika AC sudah bermasalah pada area kompresornya.

Pertimbangan Antara Beli Baru Atau Perbaikan Kompresor

Jika dilihat dari harga tersebut, tentu tidak aneh jika banyak yang memilih beli AC baru saja. Biaya AC kapasitas kecil yang digunakan untuk rumahan sekarang sudah dapat dibeli dengan harga 1 jutaan Rupiah saja. Harga ganti kompresor yang mendekati harga beli ini tentu membuat banyak orang frustasi.

Walaupun begitu, ada kasus di mana Anda akan lebih untung jika ganti kompresor saja dibanding beli baru. Biaya ganti kompresor AC rumah umumnya tetap berbanding baik jika berbicara pada AC kapasitas besar dan kelas premium.

AC dengan harga 3 jutaan ke atas terkadang tetap butuh kompresor di bawah 1,5 juta Rupiah. Jika beli baru kapasitas sama, Anda tetap keluar uang besar dan bahkan harus bayar pemasangannya yang lebih rumit dibandingkan AC kelas murah.

Perlu Anda tahu bahwa kipas AC adakan menggunakan dua perangkat luar dan dalam rumah. AC premium akan menggunakan parts luar rumah yang khusus. Jika ganti satu AC, tentu bagian luar juga perlu diganti. Daripada repot seperti ini, lebih baik ganti kompresor saja daripada harus pasang – pasang perangkat AC lagi.

Jadi, Anda tentukan sendiri apakah harus beli AC baru atau hanya ganti kompresor saja. Jika punya AC mahal dan ganti kompresornya tidak seharga beli yang baru, sangat disarankan Anda coba hubungi tempat service yang layani ganti kompresor saja.

Apakah Sudah Jelas?

Dari penjelasan diatas, Anda sekarang tahu bahwa biaya ganti kompresor AC rumah bisa mahal. Namun bukan berarti Anda lebih baik beli AC baru. Pastikan tentukan kondisi sendiri dan bandingkan biaya – biaya pengeluarannya secara keseluruhan untuk kebutuhan ini. Keputusan ini tetap tergantung kondisi Anda sendiri!

ALAMAT

Rukan CBD, Jl. Green Lake City
Boulevard No.58, Kec. Cipondoh,
Banten 15148

HUBUNGI KAMI

© 2022 Bonanza AC

whatsapp me