Cara Ganti Freon AC Yang Benar, Perhatikan Beberapa Hal Dibawah Ini

Ketika AC di rumah sudah tidak terasa dingin, maka Anda bisa segera mempertimbangkan untuk ganti freon AC. Sebagai informasi tambahan, proses pengisian freon sendiri biasanya perlu dilakukan minimal 6 bulan sekali sehingga bisa mendapatkan performa yang maksimal dan tetap terjaga. 

Kendati Anda bisa menemukan dengan mudah service AC kebayoran Lama, tetapi mengetahui bagaimana melakukan penggantian freon sendiri perlu untuk dilakukan. Terlebih lagi apabila Anda perlu menghemat biaya pengeluaran untuk pengisian tersebut. 

Tetapi apabila Anda takut untuk melakukannya, kami sarankan agar mencari jasa bongkar ac terdekat terlebih dahulu. Hal ini untuk meminimalisir kesalahan pembongkaran yang akan membuat kerusakan lebih parah nantinya. 

Apa Itu Freon AC? 

Sebelum Anda melakukan perawatan ac split atau jenis ac lainnya maka perlu memahami dahulu apa itu Freon? Istilah satu ini memang sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar orang terutama bagi Anda yang memiliki unit AC di rumah ataupun tempat kerja. 

Kendati demikian beberapa orang masih belum memahaminya dengan baik bahkan mengira bahwa freon merupakan bagian yang membuat AC mampu memberikan udara dingin. Adapun freon sendiri merupakan campuran zat dimana nantinya akan masuk ke dalam pompa agar dapat membentuk sirkulasi pendingin. 

Adapun komponen dari AC ini mempunyai bentuk cair dan nantinya akan berubah menjadi gas dan kembali lagi. Komponen tersebut sebenarnya tidak hanya ditemukan pada kulkas saja tetapi juga barang-barang elektronik lainnya seperti ac. 

Apabila cairan Freon ini tidak ada, maka barang-barang elektronik tersebut tidak akan mampu menghasilkan udara yang dingin. Itulah sebabnya, keberadaan dari AC nyatanya juga sangat bergantung pada Freon. 

Freon sendiri juga merupakan bahan bakar dari AC yang akan memberikan udara dingin ke dalam ruangan. Bukan hanya itu saja, perannya juga berfungsi sebagai fluida yang akan menyerap kotor ataupun panas. 

Anda memang tidak bisa melihat komponen ini secara kasat mata tetapi bisa menggunakan alat khusus untuk mengukur tekanannya. Bahkan keberadaannya juga tidak memiliki bau ataupun warna sehingga cukup sulit untuk dikenali. 

Kalau komponen satu ini habis, maka Anda juga bisa menggantinya sendiri ataupun menggunakan jasa service ac Cempaka Putih agar terhindar dari hal tidak diinginkan. 

Ciri-ciri Freon AC Harus Diganti

Adapun biaya untuk ganti freon ternyata tidaklah mahal seperti biaya ganti kompresor AC Rumah. Namun sebelum itu, harus memahami bagaimana ciri-ciri dari AC freon tersebut habis sehingga dapat membantu mengetahui kapan harus melakukan penggantian tersebut. 

  1. AC Tidak Terasa Dingin
    Ciri paling utama yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan adalah AC tidak mampu mengeluarkan udara dingin. Untuk mengeceknya, cobalah mengatur suhunya agar lebih rendah dan jika masih terasa tidak dingin, maka kemungkinan besar bagian freon sudah habis. 
  2. Outdoor Tidak Terasa Panas 
    Ciri lainnya yang juga dapat membantu Anda mengetahui kondisi dari freon adalah ketika komponen outdoor tidak terasa panas. Seperti sudah diketahui bahwa AC sendiri ternyata mempunyai beberapa bagian didalamnya termasuk outdoor yang dipasang di luar ruangan. 
  3. Lampu Indikator  Berkedip 
    Pernah menemukan lampu indikator pada AC tiba-tiba berkedip? Sebaiknya Anda patut untuk mencurigainya. Sebab ini bisa menjadi pertanda bahwa terdapat masalah pada unit AC yang Anda miliki tersebut. 

Sebab ketika lampu berkedip-kedip ternyata menandakan bahwa freon telah habis. Untuk memastikan, Anda bisa langsung melakukan pengecekan komponen tersebut.  

Cara Ganti Freon AC Yang Benar

Tidak bisa dipungkiri bahwa biaya copot AC sebenarnya tergantung dengan masalah yang terjadi. untuk itulah apabila Anda sedang mengalami masalah dimana freon sudah mengalami kehabisan, maka jangan buru-buru untuk membawanya ke tempat service. 

Sebaiknya ketahui cara penggantian dari freon AC dibawah ini terlebih dahulu.  Sebagai catatan, untuk proses penggantiannya ternyata tidak boleh dilakukan secara sembarangan. 

  1. Ketahui Jenis Freon AC Anda 
    Sebelum memutuskan untuk membongkar AC, maka Anda perlu memahami jenis freon yang digunakan pada unit tersebut di rumah Anda. Saat ini, terdapat beberapa jenis freon AC dimana terdapat di pasaran seperti jenis R410A, R32 ataupun jenis lainnya. 
  2. Memahami Takaran Freon Yang Akan Dimasukkan 
    Setelah mengetahui jenis freon yang digunakan, Anda juga harus mengetahui takaran dari freon yang akan dimasukkan. Itu bersangkutan dengan kemampuan dalam membaca alat ukur yang memang berperan untuk mengetahui tekanan dari freon. 
    Alat yang bisa digunakan tersebut bernama Manifold dan jangan khawatir karena untuk membaca alat inipun tidak sulit. 
  3. Siapkan Alat Sekaligus Bahan 
    Setelah itu, Anda juga bisa bisa menyiapkan bahan-bahan untuk penggantian tersebut seperti Manifold untuk mengetahui tekanan freon, tang amper, kunci inggris dengan ukuran 10 serta 12 inci serta kunci pas satu set. 
    Selain itu, Anda juga akan membutuhkan flaring atau alat yang berfungsi untuk melebarkan pipa, tabung freon atau refrigerant sesuai dengan ac yang digunakan serta sat set Obeng. 
  4. Lakukan Pengecekan AC
    Jika sudah menyiapkan bahan, diatas maka langkah berikutnya adalah mulai melakukan pengecekan AC. Silahkan nyalakan AC dimana freonnya akan diganti. Gunakan kunci inggris untuk membuka bagian penutup valve yang terdapat pada pipa besar. 
    Silahkan hubungkan selang manifold dengan warna biru pada service valve. Pasanglah selang manifold kuning di tabung refrigerant. Pastikan komponen ketiganya dalam kondisi tertutup. Jangan lupa lakukan pengecekan tekanan freon dan apabila tidak ada tekanan maka terjadi kebocoran. 
  5. Proses Pengisian Freon 
    Tiba pada proses pengisian freon dimana Anda dapat menghubungkan manifold biru pada lubang pengisian freon dan warna kuningnya pada tabung freon. Silahkan buka penutup keran nempel dengan ukuran 3/8 dan masukkan kunci L di atas keran, putar ke kanan agar dapat dibuka. 
    Nyalakan AC split dan tunggu beberapa saat hingga bagian indoor mengalirkan listrik ke unit satunya dan apabila telah menyala maka dapat melepaskan selang manifold berwarna biru. Cek apakah terdapat angin keluar dari selang biru ataukah tidak. 
    Apabila angin sudah berhenti, pasanglah selang biru yang terdapat pada manifold dan putarlah ke arah kiri hingga kencang. Silahkan isi freon dengan cara memutar keran manifold biru ke kiri. Jangan lupa perhatikan jarum indikator pada alat ukur untuk mengetahui kapasitas dari tabung freon ketika sudah diisi. 
    Masukkan freon sedikit demi sedikit untuk mencegah adanya kerusakan di bagian klep kompresor dan proses pengisian yang cukup biasanya akan ditandai dengan pipa instalasi ukuran 3/8 basah dan evaporator unit indoor dingin. Apabila Anda ragu melakukannya sendiri maka membawa siapkan biaya harga bongkar pasang ac murah dahulu. 

Tidak bisa dipungkiri bahwa melakukan penggantian freon bukanlah hal mudah untuk dilakukan. Oleh karena itulah Anda bisa menggunakan Service ac graha raya. Apabila Anda sudah menemukan beberapa ciri di atas, maka silahkan ganti freon AC agar bisa berfungsi dengan maksimal.

ALAMAT

Rukan CBD, Jl. Green Lake City
Boulevard No.58, Kec. Cipondoh,
Banten 15148

HUBUNGI KAMI

© 2022 Bonanza AC

whatsapp me